iPad 5 Akan Hadir Lebih Tipis dan Lebih Ringan

by
April 19th, 2013 at 4:51 pm

ipad-5CiriCara.com – Sekali lagi bocoran gadget terbaru Apple, iPad 5 muncul ke media internet. Dilansir Cnet.com, menurut Mingchi Kuo, analis KGI Securities, iPad terbaru nanti akan lebih tipis dan lebih ringan dari pendahulunya.

Berita ini tampaknya cukup dapat dipercaya mengingat selama ini rekam jejak Mingchi Kuo cukup bagus dalam membaca langkah-langkah ke depan Apple. Di mana informasinya terbukti benar saat Apple berencana untuk membuat MacBook 13 inci dengan Retina Display yang kini sudah meluncur, juga saat ia menginformasikan dengan akurat peluncuran iPhone 4 berwarna putih, dan banyak lainnya.

Rumor ini juga mungkin terjadi mengingat kebiasaan Apple untuk mengecilkan ukuran gadget terbarunya, mebuatnya tampil lebih tipis, dan sebagainya.

Menurut Mingchi Kuo, iPad 5 ini memiliki ukuran layar yang sama dengan generasi keempatnya, namun 15 persen lebih tipis dan 25 persen lebih ringan. Pengurangan ketebalan ini berhasil dilakukan berkat perkembangan teknologi yang terus dilakukan Apple.

Baterai yang pada iPad 4 lebih kecil 25 persen dari iPad 3, kini pada iPad 5 menjadi 30 persen lebih kecil. Panel tampilan juga sudah diperbarui dan menggunakan teknologi layar sentuh yang sama seperti iPad Mini agar bisa lebih tipis. Chip prosesor seri A juga terpasang yang membuatnya lebih hemat baterai.

Kuo menyampaikan bahwa “bobot dan ukuran adalah kunci dari perangkat ini” dan “kami berpikir bahwa kemungkinan alasan menurunnya penjualan iPad 3 dan iPad 4 karena keduanya lebih berat dan lebih tebal dari iPad 2” tambahnya.

Namun mungkin juga salah satu sebab anjloknya penjualan dua tablet Apple ini sebab jarak luncur keduanya hanya berselang 7 bulan saja. Ditambah lagi iPad 3 masih menggunakan port data dan pengisian daya bertipe 30 pin yang dirasa sudah usang dan kurang praktis.

Menurut Kuo iPad 5 akan meluncur pada akhir kuartal ketiga tahun ini. Jika semua rumor ini menjadi kenyataan maka iPad 5 akan datang bertarung di pasar tablet dengan senjata penuh, ukuran lebih tipis dan ringan namun dengan performa hardware yang meningkat. Tapi tampaknya dari segi desain, Apple masih terus mempertahankan gaya yang sama yang terdapat pada seri-seri sebelumnya.

Ini semua sifatnya masih rumor, jadi belum tentu terjadi, namun yang jelas dalam tahun ini Apple tentunya harus meluncurkan gadget-gadget terbarunya agar tidak tertinggal dengan pesaing-pesaingnya. (LH)

Cnet

Comment di sini