Salah Baca Al-Fatihah, Eyang Subur Alasan Tidak Lulus SD

by
April 19th, 2013 at 3:37 pm

Eyang SuburJakarta (CiriCara.com) – Saat dites untuk membaca surat Al-Fatihah oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Eyang Subur mengaku grogi. Alhasil, Eyang Subur pun beberapa kali salah saat membaca surat pembuka di Al-Quran itu.

Kuasa hukum Eyang Subur, Ramdan Alamsyah tetap mengklaim bahwa kliennya bisa membaca Al-Quran. Menurut Ramdan, Eyang Subur hanya merasa kecil hati karena latar belakang pendidikannya yang tidak tinggi.

“Bukan nggak bisa. Bisa kok, saya ada rekamannya, di situ banyak orang, ada kyai, profesor, guru besar. Eyang ini nggak lulus SD, jadi dia gugup,” ujar Ramdan Alamsyah, seperti dikutip dari detik.com, Jumat (19/4/2013).

Ramdan menambahkan bahwa Eyang Subur hanya merasa minder karena harus membacakan surat Al-Fatihah di depan para ulama yang pendidikannya lebih tinggi darinya. Itulah sebabnya Eyang Subur menjadi gugup saat bertemu dengan para ulama besar.

“Klien saya ini saat diminta baca Al-Fatihah itu gugup, tak bisa berhadapan dengan orang-orang seperti ini,” jelas Ramdan.

Ramdan secara tegas membantah tudingan bahwa Eyang Subur tidak bisa membaca Al-Quran. Dia juga membantah kalau Eyang Subur dites sebanyak 3 kali untuk baca surat Al-Fatihah. Menurutnya, gugup saat membaca Al-Fatihah bukan berarti Eyang Subur adalah dukun sesat.

Sebelumnya, MUI menuturkan bahwa Eyang Subur telah menemui pihaknya secara diam-diam tanpa diketahui awak media. Namun saat dites untuk membaca surat Al-Fatihah, Eyang Subur sempat melupakan salah satu ayatnya.

Menurut Ketua MUI Pusat Umar Shihab, kesalahan dalam membaca surat Al-Fatihah itu bisa disebabkan karena Eyang Subur jarang membacanya. “Kalau orang yang jarang baca Al-Fatihah pasti akan salah,” jelasnya.

Benarkah Eyang Subur tidak bisa baca Al-Quran?

(YG)

Comment di sini