9 Sensor Unik yang Tertanam di Galaxy S4

by
April 22nd, 2013 at 5:04 pm

29120_1_samsung_galaxy_s_iv_has_built_in_temperature_and_humidity_sensors_fullCiriCara.comSamsung Galaxy S4 sedang marak diperbincangkan, bukan hanya smartphone ini disebut-sebut sebagai smartphone dengan performa hardware terbaik, tapi juga hadir dengan teknologi yang inovatif. Tengok saja fitur eye tracking dan air touch-nya yang mengagumkan.

Fitur-fitur inovatif Samsung Galaxy S4 ini tidak lepas dari peran sensor-sensor yang tertanam pada unit smartphone. Dilansir Okezone.com, paling tidak ada 9 sensor yang tertanam di Galaxy S4. Penasaran apa sajakah sensor-sensor tersebut? Berikut ini 9 Sensor unik yang tertanam di Galaxy S4.

1. Sensor Proximity

Sensor ini mendeteksi jarak wajah pengguna dengan unit, yang berguna saat kegiatan telepon. Bila wajah kita menempel pada layar saat kegiatan telepon otomatis layar akan mati sehingga tidak panas dan tidak menekan tombol-tombol pada layar secara tidak sengaja.

2. Sensor Gesture

Sensor ini dapat memindai pergerakan tangan atau tubuh kita yang melintas di atas layar. Sensor ini dapat digunakan untuk fitur Air Gesture seperti mengganti lagu pada musik atau mengganti gambar saat di Gallery dengan hanya menyapukan tangan di atas layar.

3. Sensor Accelerometer

Sensor ini dapat mendeteksi pergerakan unit Galaxy S4 berdasarkan 3 poros sumbu. Sensor ini dapat difungsikan untuk menghitung langkah pengguna saat menggunakan fitur S Health pada Galaxy S4.

gs4hidden-573x575

4.  Sensor Gyro

Hampir sama dengan Accelerometer, Gyro sensor ini mendeteksi gerakan putaran yang terjadi pada unit Galaxy S4. Sensor ini dapat digunakan untuk memutar orientasi layar secara otomatis saat kita mengubah gaya pegang Galaxy S4 dari horisontal ke vertikal dan sebaliknya.

5. Sensor Geomagnetic

Sensor ini bekerja dengan mendeteksi intensitas medan magnet berdasarkan tiga sumbu poros. Salah satu kegunaan sensor ini adalah untuk mengakomodasi fungsi kompas digital pada Galaxy S4.

6. Sensor Barometer

Sensor ini berfungsi dengan mengidentifikasikan tekanan udara dan suhu di sekitar pengguna Galaxy S4. Sensor ini bisa difungsikan untuk menunjang fitur kesehatan dari Galaxy S4 yakni S Health.

7. Sensor Hall

Sensor ini bekerja dengan mendeteksi apakah penutup depan aksesori Galaxy S4, S View Flip Cover menutupi layar atau tidak. Bila tertutup maka layar akan berubah ke mode kecil yang bisa diintip pada jendela S View Flip Cover.

8. Sensor Temperatur

Sensor ini dapat menangkap suhu udara dan tingkat kelembaban di sekitar pengguna Galaxy S4. Sensor ini terletak di bagian bawah Galaxy S4.

9. Sensor RGB

Sensor yang terletak di sebelah kiri pengeras suara Galaxy S4 ini dapat mengukur intensitas dan mengidentifikasi warna cahaya di luar perangkat Galaxy S4 sehingga dapat secara otomatis disesuaikan dengan layar sehingga dalam kondisi cahaya apapun layar Galaxy S4 akan selalu nyaman bila gunakan.

Kesembilan sensor ini menjadi salah satu kehebatan Samsung Galaxy S4 yang tidak dimiliki smartphone lain. Tidak salah bila produk ini menjadi unggulan dalam persaingan smartphone terbaik. (LH)

Comment di sini