Bocor, 110 Juta Kondom Buatan China Ditarik

by
April 22nd, 2013 at 8:50 am

kondom bocor chinaCiriCara.com – Sekitar 110 juta kondom buatan China yang terindikasi bocor ditarik dari peredarannya di Ghana.

BBC melansir beberapa lembaga di Ghana dikabarkan meretur kondom-kondom yang cacat setelah hasil uji laboratorium membuktikan bahwa kondom tersebut tidak layak pakai.

“Kondomnya berlubang dan mudah pecah,” ungkap juru bicara lembaga pengawas obat dan makanan Ghana.

Uji laboratorium yang dilakukan lembaga tersebut menemukan adanya lubang yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Lubang baru terlihat setelah kondom diuji menggunakan mikroskop.

Thomas Amedzro selaku kepala lembaga mengungkapkan apabila memakai kondom tersebut, pemakai masih tetap bisa tertular penyakit seksual atau hamil.

Selain ditemukannya lubang, pada ratusan juta kondom tersebut juga didapati masalah lain, yakni soal pelumas.

Sammy Darko, wartawan BBC yang bertugas meliput di Accra, ibukota Ghana, mengabarkan kemasan kondom yang ditarik peredarannya memiliki warna perak dengan logo simbol pita merah AIDS dan kata-kata “Be Safe” berwarna merah.

Kabarnya ada sekitar 200 juga kondom bermasalah yang terlanjur diimpor oleh Ghana. Kondom diimpor dari produsen di China lewat perantara Kenya.

Namun kondom yang diedarkan secara gratis dalam rangka memerangi penyebaran HIV/AIDS ini belum melalui uji produk sehingga peredaran ini dinilai cacat hukum.

Data dari PBB mengungkapkan dari total jumlah penduduk Ghana yakni 25 juta orang, sekira 230.000 di antaranya menderita AIDS.

(hp)

Comment di sini