CiriCara: Cara Agar Lulus Psikotes

by
April 22nd, 2013 at 3:46 pm

Tes PsikotesCiriCara.com – Psikotes pada umumnya menjadi tes awal untuk masuk perusahaan yang Anda lamar. Meski tes awal, mengikuti psikotes bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu belum mempunyai pengalaman dalam mengikuti tes psikotes ini.

Untuk bisa mengikuti tes berikutnya, Anda harus lolos pada tes psikotes terlebih dahulu. Namun, untuk mengerjakan soal psikotes ini Anda harus mempunyai konsentrasi yang tinggi. Apalagi kebanyakan perusahaan memberikan batas waktu tertentu dalam tesnya.

Agar Anda bisa lulus tahap psikotes, perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Perhatikan petunjuk

Pahami semua petunjuk yang disampaikan oleh pihak penguji. Mulai dari petunjuk pengerjaan hingga pengisian data diri dalam lembar jawaban. Jika masih kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya kembali pada petugas.

2. Percaya diri dan tetap tenang

Anda harus percaya diri dalam mengerjakan soal agar tidak membuang-buang waktu karena grogi. Usahakan untuk tetap tenang agar bisa menjawab dengan baik, tepat, dan cepat. Agar tidak gugup, tidak ada salahnya untuk berlatih mengerjakan soal saat masih di rumah.

3. Harus egois

Dalam mengerjakan soal psikotes, Anda harus egois dan tidak memperdulikan peserta tes lainnya. Hal ini bertujuan agar konsentrasi Anda tetap terjaga sehingga bisa dengan cepat mengerjakan soal yang diberikan pihak perusahaan.

4. Menjaga konsentrasi

Tantangan terberat dalam mengerjakan soal psikotes adalah menjaga konsentrasi. Sekali saja Anda tidak berkonsentrasi, maka waktu Anda akan terbuang sia-sia. Untuk menjaga konsentrasi, Anda harus tetap fokus pada soal.

5. Yakin pada jawaban sendiri

Dalam mengerjakan soal psikotes, biasanya Anda dituntut untuk mengerjakan soal dengan cepat. Agar bisa sesuai target, Anda harus yakin pada jawaban sendiri. Jangan sekali-kali merubah jawaban atau menghapusnya. Itu hanya akan membuang waktu dan membuat soal yang lainnya tidak terjawab. Jadi, yakinlah pada jawaban Anda sendiri.

Itulah beberapa trik yang bisa membantu Anda dalam mengerjakan soal psikotes saat melamar pekerjaan. Jangan menyerah jika nantinya Anda gagal. Gunakan kegagalan ini sebagai pengalaman untuk menuju kesuksesan.

(YG)