Ketahui Penyebab Bayi Lahir Cacat

by

Ibu HamilCiriCara.com – Menurut penelitian, jumlah bayi yang terlahir cacat setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan. Itu artinya Anda harus lebih waspada lagi dalam menjaga bayi, terutama yang masih dalam kandungan.

Semua orangtua pasti tidak menginginkan bayinya terlahir cacat. Untuk itu, Anda harus mengetahui hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan bayi terlahir cacat. Hal ini harus diperhatikan sejak ibu hamil.

Berikut penyebab bayi terlahir cacat:

1. Faktor keturunan (genetik)

Salah satu penyebab bayi terlahir cacat adalah faktor keturunan. Hal ini bisa disebabkan karena kelainan kromosom, kelainan gen tunggal, dan multifaktual. Cari tahu apakah sanak saudara dalam keluarga Anda atau pasangan ada yang terlahir cacat?

Jika sanak saudara ada yang cacat sejak lahir, itu artinya bayi Anda masih beresiko lahir cacat. Untuk mencegahnya, konsultasikan kehamilan Anda dengan dokter secara teratur. Dengan begitu Anda akan bisa memantau kondisi bayi selama dalam kandungan.

2. Obat-obatan

Mengkonsumsi obat-obatan saat hamil bisa mengakibatkan bayi lahir cacat. Untuk mencegahnya, selalu periksa ke dokter jika ibu hamil mengalami sakit. Anda hanya boleh mengkonsumsi obat yang sudah dianjurkan oleh dokter. Hindari konsumsi obat warungan tanpa sepengetahuan dokter.

3. Alkohol dan rokok

Alkohol mengandung teratogen yang bisa menimbulkan gangguan pada embrio janin. Itu artinya, alkohol bisa menyebabkan bayi lahir cacat dengan fisik yang tidak sempurna. Sedangkan merokok bisa mengganggu perkembangan janin yang dapat mempengaruhi kondisi bayi. Itulah sebabnya ibu hamil dilarang untuk minum alkohol dan merokok.

4. Kekurangan nutrisi dan gizi

Kurangnya asupan nutrisi bisa membuat bayi mengalami gizi buruk. Hal ini bisa menyebabkan bayi terlahir cacat jantung, bibir sumbing, kerdil, kaki pincang, kuping telinga melengkung, hidrosefalus, buta, dan keterbelakangan mental.

Itulah sebabnya, selalu perhatikan dan penuhi semua nutrisi dan gizi yang dibutuhkan bayi. Walaupun terkadang tidak enak makan dan mual, ibu hamil tetap harus mengkonsumi makanan yang bergizi agar bayi bisa lahir normal.

Untuk mengetahui kondisi bayi dalam kandungan, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter setiap satu bulan sekali. Jangan asal minum obat atau makan makanan yang mengandung bahan kimia, karena itu bisa membahayakan bayi.

(YG)


comments powered by Disqus