CiriCara: Cara Memperbaiki Citra Diri di Tempat Kerja

by

bekerja sama dengan rekan kerjaCiriCara.com – Pada saat di kantor, terkadang ada saja kesalahan yang Anda perbuat. Kesalahan yang dilakukan itu terkadang hingga membuat atasan menegur Anda. Jika sudah ditegur oleh atasan, maka akan membuatnya reputasi atau citra diri Anda menjadi buruk.

Memiliki citra diri yang buruk di tempat kerja sebaiknya harus Anda hindari. Bagaimanapun juga, Anda harus bisa bersosialisasi dengan rekan kerja lainnya agar suasana di kantor lebih menyenangkan. Selain itu, citra yang baik juga harus diciptakan agar Anda bisa dihargai dan selalu dipercaya oleh rekan kerja.

Tapi, bagaimana cara memperbaiki citra diri yang buruk menjadi baik? Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak cara memperbaiki citra diri di tempat kerja berikut ini yang dicuplik dari Usnews.com:

1. Usahakan bekerja lebih awal

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki citra diri adalah tidak telat datang ke kantor agar bisa bekerja lebih awal. Pastikan Anda sudah berada di kantor setengah jam atau 15 menit sebelum jam masuk. Bekerjalah lebih awal dari biasanya. Selain meninggalkan kesan rajin, Anda juga jadi tak terburu-buru saat menyelesaikan pekerjaan kantor.

2. Mematuhi semua perintah kantor

memperbaiki citra diri

Segala perintah yang ada di kantor, sebaiknya harus Anda patuhi. Entah itu perintah dari atasan atau permintaan tolong dari rekan kerja tertentu. Jika semua perintah Anda jalankan dengan baik, maka reputasi diri menjadi baik. Dengan begitu, Anda bisa menjadi seseorang yang bisa diandalkan.

3. Selalu berpikir positif

Stres di kantor terkadang dialami oleh sebagian besar orang. Namun, alangkah baiknya stres yang dirasa tidak diketahui oleh rekan kerja. Anda harus tetap bersikap dan berpikir positif. Ketahuilah bahwa memperlihatkan emosi buruk pada orang lain hanya akan membuat jelek reputasi Anda.

4. Membuat prioritas

Terkadang pekerjaan di kantor bisa sangat menyita waktu Anda. Jika sudah begitu, maka biasanya Anda akan kehilangan fokus dan gagal menyelesaikannya dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus membuat atau menuliskan prioritas agar pekerjaan terencana dan terselesaikan dengan baik.

5. Pastikan tidak mengulanginya

Agar Anda tidak mengulangi kesalahan yang sama, pastikan untuk selalu menjaga diri saat di kantor. Anda harus bisa mangubah reputasi buruk itu menjadi baik agar selalu dipercaya oleh rekan kerja, termasuk atasan.

Itulah cara memperbaiki citra diri di tempat kerja. Bagaimanapun juga, citra buruk sebaiknya harus segera diubah menjadi baik agar Anda bisa diandalkan oleh rekan kerja dan atasan. (NR)


comments powered by Disqus