Foto: Kerangka “Romeo dan Juliet” dari Rumania

by
April 23rd, 2013 at 4:01 pm

Cluj-Napoca (CiriCara.com) - Arkeolog Rumania dikabarkan berhasil menemukan sepasang kerangka yang dijuluki “Romeo dan Juliet dari Rumania” di halaman dalam sebuah bangunan bekas biara Dominikan di Cluj-Napoca.

Ketika ditemukan, tangan sepasang kerangka tersebut tampak bergandengan tangan.

ROMEO AND JULIET - Couple Buried Holding hands

Para peneliti dari Cluj-Napoca Institute of Archaeology and History of Art yang yakin bahwa halaman tersebut dulunya adalah pekuburan. Sebelumnya mereka juga telah berhasil menemukan kerangka-kerangka lainnya.

Namun penemuan kerangka “Romeo dan Juliet” ini sangat mengejutkan karena pada zaman itu, yakni Zaman Pertengahan, pemakaman dua orang sekaligus sangatlah jarang.

Peneliti utama Adrian Rusu mengungkapkan penemuan itu adalah suatu misteri.

ROMEO AND JULIET - Couple Buried Holding hands

“Kami bisa melihat yang laki-laki menderita luka parah. Pinggangnya patah. Mungkin dia meninggal karena itu. Kami yakin luka tersebut ada setelah dia dipukul dengan benda yang sangat keras dan tumpul,” ujarnya.

Adrian menambahkan,”Fakta berbicara bahwa wanita muda itu jelas meninggal di saat yang bersamaan dan diduga sehat sehingga kami berspekulasi bahwa mungkin dia meninggal karena patah hati setelah kehilangan pasangannya.”

Pada Zaman Pertengahan, bunuh diri dipandang sebagai sebuah dosa. Besar kemungkinan dia tidak bunuh diri—sekalipun dia bunuh diri, mereka tak akan dimakamkan bersama-sama di tempat yang dianggap suci itu.

“Mereka jelas dimakamkan bersama sebagai penghargaan atas cinta yang mereka berikan satu sama lain,” ungkap Adrian.

Adrian memperkirakan pasangan itu dimakamkan sekitar tahun 1450-1550.

Romeo dan Juliet merupakan karakter dalam karya drama Shakespeare yang berjudul sama dengan  karakternya. Karya tragedi ini menceritakan tentang sepasang muda-mudi yang jatuh cinta namun tak bisa merangkai kasih karena kedua keluarga mereka saling bermusuhan. Romeo dan Julia meninggal bersama-sama dengan bunuh diri.

Simak berita unik lainnya di sini.

(hp)

Daily Mail

Comment di sini