CiriCara: Cara Agar Tetap Sehat Saat Lembur

by
April 24th, 2013 at 11:45 am

bekerja lemburCiriCara.com – Sering bergadang bisa mejadi salah satu penyebab timbulnya masalah kesehatan. Anda bisa jadi lebih mudah terserang beberapa penyakit, seperti flu, masuk angin, dan sakit kepala. Namun, ada beberapa alasan kenapa seseorang sering bergadang. Salah satunya adalah mengerjakan tugas-tugas kantor atau tugas lainnya.

Bekerja lembur bukan hanya dilakukan di rumah saja, tapi banyak para pekerja yang menghabiskan waktunya untuk bekerja di kantor hingga larut malam. Seringkah Anda bekerja lembur di kantor? Jika iya, maka alangkah baiknya untuk tetap menjaga kesehatan dengan baik agar tak mudah terserang penyakit.

Dilansir dari Perempuan.com, berikut cara agar tetap sehat saat lembur:

1. Sarapan

Sarapan sebelum beraktivitas memang sangat dianjurkan agar tubuh selalu sehat. Dengan membiasakan sarapan, energi Anda akan bisa bertahan hingga semua pekerjaan terselesaikan. Namun, jangan terlalu kenyang juga pada saat sarapan karena malah akan membuat Anda terkantuk-kantuk saat bekerja.

2. Makan siang yang sehat

olahraga ringan

Bukan hanya sarapan saja, namun Anda juga disarankan untuk makan siang yang sehat. Sebagian Anda mungkin terbiasa makan siang dengan mengonsumsi fast food. Akan tetapi saat ini Anda harus meninggalkan kebiasaan buruk tersebut. Agar kondisi tubuh tetap sehat dan kuat hingga malam hari, Anda disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur saja.

3. Beristirahat pada siang hari

Anda perli beristirahat pada siang hari, setidaknya 10 – 15 menit. Tujuannya adalah untuk mengembalikan energi dan membuat Anda jadi fokus kembali saat bekerja. Istirahat di sela aktivitas dinilai sangat penting karena bisa mengembalikan mood bekerja dan meningkatkan energi dalam tubuh.

4. Selingi dengan camilan sehat

Karena Anda bekerja dari pagi hingga malam hari, alangkah baiknya untuk menyelingi waktu kerja dengan camilan. Namun, jangan mengemil makanan yang mengandung MSG karena hanya akan membuat Anda mengantuk. Anda bisa mengkombinasikan camilan dengan kopi agar bisa kembali fokus bekerja.

5. Olahraga ringan

Sebanyak apapun pekerjaan Anda, jangan lupa juga untuk menggerakkan otot-otot tubuh. Anda bisa melakukan gerakan ringan atau berjalan keliling kantor. Dengan berolahraga ringan. Anda akan bisa tetap kuat dan sehat hingga malam nanti.

6. Meminum air putih dan suplemen

Air putih sangat diperlukan tubuh, apalagi jika Anda bekerja lembur. Untuk itu, pastikan Anda mengonsumsi air 2 liter per hari agar kondisi tubuh tetap sehat. Selain itu, tambahkan juga suplemen seperti vitamin untuk menjaga kebugaran tubuh.

Itulah cara agar agar tetap sehat saat lembur. Bekerja lembur sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, alangkah baiknya Anda tidak terlalu sering bekerja lembur. Namun, bagi Anda yang memang dituntut untuk sering bekerja lembur harus tetap menjaga kesehatan agar tak mudah sakit. (NR)

Comment di sini