CiriCara: Cara Aman Travelling Sendirian untuk Wanita

by
April 25th, 2013 at 1:42 pm

backpackingCiriCara.com – Pergi berlibur ala backpacker bukan  hanya bisa dilakukan oleh pria saja. Namun, wanita pun juga bisa pergi liburan ke suatu tempat sendirian atau backpacking sendirian. Pergi berlibur ke suatu tempat sendiri memang asyik karena bisa menikmati destinasi sesuka hati.

Bagi Anda seorang wanita, jangan takut untuk travelling sendirian. Ada cara aman yang bisa Anda lakukan agar backpacking sendiri itu menjadi lebih asyik dan menyenangkan. Bagaimana caranya? Dicuplik dari berbagai sumber, berikut cara aman travelling sendirian untuk wanita:

1. Mencari informasi dahulu

Sebelum melakukan perjalanan, alangkah baiknya Anda mencari informasi dahulu sebanyak-banyaknya. Anda bisa mencari informasi tersebut dari buku, majalah, internet, atau teman dekat. Ke manapun Anda pergi, cari tahu dan kenali dahulu dengan baik destinasi tersebut. Anda harus tahu ke mana saja akan berwisata, tempat-tempat mana yang berbahaya, hotel mana yang bagus, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa sampai ke tempat tujuan dengan mudah dan aman.

2. Membawa uang tunai

Jangan berpikiran bahwa kartu kredit bisa menyelamatkan Anda dari krisis keuangan. Terkadang, ada beberapa tempat dan hal yang mengharuskan Anda untuk membayar secara tunai. Untuk itu, siapkanlah uang tunai yang cukup agar Anda tidak kesulitan nantinya. Selain itu, sebaiknya jangan juga Anda membawa kartu kredit. Tujuannya adalah agar pengeluaran bisa terkontrol.

3. Fotokopi semua identitas

Thinkstockphotos

Thinkstockphotos

Memiliki fotokopi identitas itu sangat penting. Hal tersebut bisa berguna juga di saat Anda sedang melakukan perjalanan. Simpanlah fotokopi itu di tempat lain, selain dompet. Jika berpergian ke luar negeri, maka Anda juga harus memfotokopi paspor. Memfotokopi identitas dimaksudkan untuk memudahkan Anda jika terjadi hal-hal buruk, seperti kecopetan saat sedang backpacking.

4. Tetap berkomunikasi dengan kerabat

Saat sedang melakukan perjalanan wisata sendiri, Anda harus tetap berkomunikasi dengan keluarga di rumah. Ke manapun Anda pergi, pastikan mereka mengetahuinya. Selain itu, tinggalkan juga fotokopi tiket perjalanan Anda. Jika hal-hal terjadi, maka mereka bisa dengan mudah melacak keberadaan Anda.

5. Membawa peta dan buku panduan

Saat berlibur ke suatu tempat sendirian, teman sejati Anda adalah buku panduan travelling dan peta. Untuk itu, bawalah selalu kedua barang tersebut ke manapun Anda pergi. Dengan adanya peta, Anda jadi bisa mengetahui letak suatu tempat tanpa perlu bertanya pada orang lain. Selain itu, dengan buku panduan travelling Anda juga jadi bisa menemukan tempat wisata yang asyik untuk didatangi.

6. Berpenampilan kasual

Saat berpergian sendiri, pakailah pakaian yang kasual nyaman dan tidak menarik perhatian. Jangan menggunakan pakaian yang terlalu seksi karena akan mengundang orang lain untuk menggoda. Selain itu, jangan juga memakai perhiasan berharga karena memicu tindakan kriminalitas.

7. Pilih penginapan yang nyaman dan aman

Saat backpacking sendirian, penginapan yang murah terkadang menjadi pilihan. Namun, jangan hanya murah saja. Anda harus memilih penginapan di tempat yang ramai. Jika ada sesuatu hal yang terjadi, maka orang lain bisa menolong Anda dengan cepat. Selain itu, jangan biarkan kamar ditinggal tanpa dikunci dan simpanlah barang-barang Anda di tempat yang aman.

8. Jangan mudah percaya dengan orang

Berkenalan dengan orang baru memang jadi agenda wajib bagi beberapa backpacker atau traveller. Namun, yang harus diperhatikan adalah jangan mudah mempercayainya. Mengobrol dan berbagi kisah ringan memang menyenangkan, tapi jangan langsung mau diajak pergi dengan orang tersebut.

9. Menggunakan kendaraan umum terpercaya

Saat melakukan perjalanan, tentunya Anda akan pergi ke berbagai tempat. Jika menggunakan kendaraan umum, maka pilihlah yang terpercaya. Selain itu, jika menggunakan taksi, maka pastikan taksi itu benar-benar dari perusahaan yang terpercaya.

Itulah cara aman travelling sendirian untuk wanita. Bagaimana, Anda ingin melakukan perjalanan wisata sendiri? Travelling sendirian tentunya bisa Anda coba untuk menambah pengalaman liburan. (NR)

Comment di sini