CiriCara: Cara Sehat Menambah Berat Badan

by
April 25th, 2013 at 11:45 am

menambah berat badanCiriCara.com – Mungkin banyak orang khususnya wanita yang ingin memiliki tubuh langsing. Akan tetapi, banyak juga wanita yang ingin menaikkan berat tubuhnya karena merasa terlalu kurus sehingga membuatnya kurang percaya diri. Apakah Anda termasuk wanita yang ingin menaikkan berat badan?

Bagi wanita yang ingin menaikkan berat badan perlu melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah meningkatkan asupan kalori. Mengonsumsi banyak makanan berlemak dan berkalori tinggi mungkin bisa membuat tubuh Anda terlihat gemuk lebih cepat. Akan tetapi ketahuilah bahwa hal tersebut malah menimbulkan berbagai penyakit.

Ada cara sehat yang bisa Anda lakukan untuk menambah berat badan. Bagaimana? Dicuplik dari Rediff.com, berikut cara sehat menambah berat badan:

1. Menambah asupan kalori

Bagi Anda yang bertubuh kurus mungkin dikarenakan kekurangan kalori. Normalnya, wanita membutuhkan sebanyak 1.900 kalori dalam sehari yang digunakan untuk menjalankan aktivitasnya. Jika ingin berat badan naik, maka Anda bisa mengonsumi makanan berkalori lebih banyak. Tambahkan 500 kalori per harinya agar bobot tubuh bisa naik sekitar setengah Kilogram seminggu.

2. Mengonsumsi makanan sehat

Untuk menaikkan berat badan, Anda juga disarankan agar mengonsumsi makanan yang tepat. Jangan melahap semua makanan tanpa mengetahuinya nutrisinya. Anda harus mengonsumsi makanan yang sehat dengan kalori seimbang. Misalnya, susu rendah lemak, daging merah, ikan-ikanan, telur, sayur, dan buah. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji karena bisa membahayakan kesehatan.

3. Meningkatkan asupan protein

Protein sangat diubutuhkan untuk membentuk otot-otot baru. Untuk itu, Anda disarankan agar meningkatkan asupan kalori, seperti mengonsumsi kacang-kacangan, ikan, dan daging.

meminum susu

4. Konsumsi makanan mengandung karbohidrat dan lemak

Walaupun meningkatkan asupan protein, namun jangan juga Anda melupakan karbohidrat dan lemak. Anda harus tetap mengonsumsi dua nutrisi itu dalam jumlah sedikit karena bisa membuat tubuh lebih gemuk secara sehat. Pilihlah lemak sehat yang ada pada biji-bijian, minyak zaitun, atau ikan salmon. Untuk karbohidrat, Anda bisa mengonsumsi nasi merah, kentang rebus, atau gandum.

5. Perbanyak makan camilan sehat

Untuk menaikkan berat badan, Anda disarankan makan lima kali sehari. Tiga porsi makanan utama dan dua porsi camilan. Untuk camilan, pilihlah makanan yang sehat, tinggi gizi, dan kalori. Misalnya, muffin, keju, milk shake, atau cokelat, atau yoghurt.

6. Mengonsusmsi banyak cairan

Ketahuilah bahwa jumlah cairan mempengaruhi proses penggemukan badan. Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengonsumsi minuman berenergi karena biasanya mengandung banyak garam dan gula. Alangkah baiknya mengonsumsi air putih, susu atau jus buah segar saja setiap hari.

7. Berolahraga rutin

Agar berbagai makanan yang dikonsumsi itu tak menjadi lemak, Anda juga disarankan untuk berolahraga secara rutin. Berolahragalah empat kali dalam seminggu dan bertanyalah pada instruktur fitnes mengenai olahraga yang cocok untuk menaikkan berat badan.

Itulah cara sehat menaikkan berat badan. Apapun usaha yang dilakukan untuk menaikkan berat badan, Anda harus konsisten menjalankannya. Memang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperlihatkan hasilnya. Oleh karena itu, Anda jangan cepat menyerah. Bersabarlah dan tetap menjalankannya agar hasilnya memuaskan. (NR)

Comment di sini