CiriCara: Cara Tepat Memilih Lokasi Bisnis

by
April 25th, 2013 at 3:45 pm

memilih lokasi bisnisCiriCara.com – Seseorang yang ingin membuka suatu usaha atau bisnis, tentunya memiliki tujuan untuk meraih keuntungan. Benarkah? Untuk mendapatkan keuntungan itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah menentukan lokasi. Lokasi bisnis yang strategis itu penting agar keuntungan bisa diraih. Sebagus atau seunik apapun bisnis yang Anda jalankan, jika tak didukung oleh lokasi yang tepat, maka keuntungan yang didapat kurang memuaskan.

Lalu, bagaimana cara memilih lokasi yang tepat untuk bisnis? Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara tepat memilih lokasi bisnis:

1. Padat penduduk

Salah satu kesuksesan bisnis yang dijalani yaitu terletak pada besarnya potensi pasar yang akan Anda tuju. Semakin padat suatu lokasi, semakin banyak juga masyarakat yang menjadi pelanggan produk Anda. Memang ada beberapa usaha yang ramai walau berada di lokasi yang kurang padat penduduk. Namun, alangkah baiknya Anda memilih lokasi bisnis yang padat penduduk saja.

2. Memiliki daya beli yang tinggi

Ada beberapa lokasi yang pdar penduduk, tapi memiliki penghasilan yang di bawah rata-rata. Hal tersebut tentunya juga bisa mempengaruhi keuntungan Anda dalam berbisnis. Jika ingin membuka suatu usaha atau bisnis, maka alangkah baiknya memilih lokasi yang padat penduduk dan masyarakatnya memiliki daya beli yang tinggi.

lokasi usaha

3. Strategis

Lokasi usaha yang baik adalah tempatnya strategis, mudah dikenal dan diakses oleh orang banyak. Selain itu, Anda juga perlu memasang spanduk atau iklan lainnya agar masyarakat mudah mengenali dan mengetahui lokasi bisnis yang dijalani. Lokasi strategis yang bisa Anda pilih, seperti di dekat pusat perbelanjaan, jalan besar, dan tempat ramai lainnya.

4. Berada di pusat keramaian

Membuka usaha di tempat yang ramai bisa membuat Anda mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Bukan hanya dekat pusat perbelanjaan atau mal saja, tapi Anda juga bisa membuka usaha, seperti di kawasan perkantoran, rumah sakit, sekolah, kampus, dan lain sebagainya. Namun, Anda juga harus menyesuaikan jenis usaha yang cocok dengan lokasi tersebut.

5. Perhatikan pesaing lainnya

Ketika ingin membuka suatu usaha, jangan lupa juga untuk memperhatikan para pesaing. Jika di lokasi tersebut sudah banyak pesaing yang menawarkan produk sejenis, maka sebaiknya Anda jangan membuka usaha yang sama. Cobalah membuka usaha yang unik untuk menarik perhatian masyarakat. Jika tetap ingin membuka usaha yang sama, maka buatlah usaha Anda itu berbeda dari para pesaing.

Itulah cara tepat memilih lokasi untuk berbisnis. Ketahuilah bahwa lokasi sangat menentukan keberhasilan bisnis yang Anda jalani. Pasalnya, lokasi yang strategis bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan konsumen sehingga keuntungan yang di dapat juga bisa memuaskan. (NR)

Comment di sini