CiriCara: Cara Hemat Makan di Restoran

by
April 26th, 2013 at 4:58 pm

205055.TIFCiriCara.com – Makan siang atau malam di restoran bersama teman-teman memang mengasyikan. Anda dan teman-teman bisa menikmati berbagai makanan lezat sambil mengobrol dan bercanda tawa dengan mereka. Namun, hal tersebut jika sering dilakukan bisa membuat kantong bolong.

Bagaimana tidak? Biasanya menu-menu makan di restoran itu harganya cukup mahal. Apalagi jika restoran tersebut sudah terkenal. Sekali makan di tempat itu saja Anda bisa menghabiskan uang hingga ratusan ribu rupiah. Tapi kali ini, teman-teman kantor mengajak Anda untuk makan malam di luar bersamanya.

Padahal, uang yang dimiliki hanya pas-pasan. Lalu, apakah Anda harus menolak ajakannya itu? Sebaiknya jangan karena Anda harus tetap bisa menikmati kebersamaan dengan mereka. Anda bisa menyiasatinya agar pengeluaran di restoran jadi lebih hemat. Berikut cara hemat makan di restoran:

1. Pakai promo atau diskon yang tersedia

Biasanya restoran sering mengadakan promo atau diskon. Misalnya, beli 2 piring pasta, Anda bisa mendapatkan 1 scoop es krim atau membayar dengan kartu kredit A bisa mendapat diskon 20%. Untuk itu, manfaatkanlah kesempatan tersebut untuk mendapatkan makanan lezat dengan harga yang murah.

2. Langsung pesan menu pembuka

Sebagian besar restoran biasanya menawarkan beberapa bentuk kudapan sebelum ke menu utama. Agar lebih hemat, sebaiknya lupakan saja segala jenis kudapan tersebut. Anda bisa langsung memesan menu utama saja yang lezat sehingga membuat perut lebih kenyang.

Shutterstock

Shutterstock

3. Pesan air mineral saja

Alangkah baiknya Anda memesan air mineral saja walau sedang berada di restoran. Selain lebih sehat, hal tersebut juga lebih hemat dan tidak mempengaruhi rasa sebuah hidangan. Biasanya, harga air mineral di restoran lebih murah dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Selain itu, ada juga beberapa restoran yang menawarkan air putih gratis.

4. Beli makanan penutup di luar

Saat Anda ditawari makanan penutup di restoran, sebaiknya jangan tergoda. Harga makanan penutup di restoran biasanya mahal dan takarannya kecil. Untuk itu, lebih baik Anda membeli makanan ringan di luar restoran saja, seperti mini market.

5. Pilih menu paket

Biasanya banyak restoran yang menyediakan menu paket. Tanpa Anda sadari, menu paket yang memberikan banyak keuntungan. Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan membeli satu per satu makanan dan minuman.

Itulah cara hemat makan di restoran. Jadi, tak usah menolak ajakan teman karena Anda bisa menyiasatinya dengan cara di atas. Dengan begitu, Anda tetap bisa makan enak bersama teman-teman. (NR)

Comment di sini