CiriCara: Cara Mengobati Diare dengan Ramuan Tradisional

by
April 26th, 2013 at 2:52 pm

ramuan tradisionalCiriCara.com – Sebagian besar orang mungkin pernah menglami diare. Benarkah? Diare yang dialami itu bisa saja disebabkan karena mengonsumsi makanan yang asam, pedas, dan bersantan secara berlebihan. Hal tersebut bisa membuat usus kaget dan menyebabkan diare. Seseorang yang mengalami diare, biasanya disertai sakit perut, mual dan muntah.

Diare kebanyakan disebabkan oleh beberapa infeksi virus tetapi juga seringkali akibat dari racun bakteria. Seseorang yang memiliki hidup bersih, makanan tercukupi, dan air tersedia, biasanya bisa sembuh dari infeksi virus dalam beberapa hari. Namun untuk seseorang yang sakit atau kurang gizi, diare bisa menyebabkan dehidrasi yang parah dan mengancam jiwa.

Jika Anda sedang mengalami diare, maka alangkah baiknya segera diobati. Ketahuilah bahwa diare bisa menjadi gejala yang lebih serius, seperti disentri, kolera, atau botulisme, dan bisa menjadi indikasi sindrom kronis. Untuk itu segeralah mengobatinya jika Anda mengalami diare.

Selain obat yang dijual di apotek, diare juga bisa diobati dengan cara memakai obat tradisional. Obat tradisional apa yang bisa digunakan? Berikut cara mengobati diare dengan ramuan tradisional:

1. Ramuan daun biji, kunyit, dan lempuyang emprit

Anda perlu menyiapkan 10 lembar daun jambu biji. Daun yang dipetik haruslah daun keempat dari pucuk daun dan tentu saja harus bersih. Lalu, sediakan juga kunyit yang berukuran sebesar telur ayam, dan lempuyang emprit yang memiliki berat kurang lebih 9 gram. Jika semua bahan tersebut sudah tersedia, maka Anda bisa membuat ramuannya. Caranya, cuci hingga bersih dan iris-iris tipis semua bahan tersebut. Rebus dengan 4 gelas air dan matikan kompor jika air rebusan tersisa 3 gelas. Lalu, saring dan dinginkan. Untuk orang dewasa, Anda bisa meminumnya empat kali sehari masing-masing setengah gelas.

diare

2. Ramuan kunyit

Bahan alami lain yang bisa Anda gunakan adalah kunyit. Kunyit memang sudah banyak dikenal orang untuk menyembuhkan beberapa penyakit, seperti diabetes melitus, maag, disentri, diare, dan lain sebagainya. Jika kunyit ingin Anda gunakan untuk mengobati diare, maka perlu dicampur beberapa bahan lainnya.

Anda perlu menyiapkan kunyit 1/2 jari, rasuk angin 1/2 sendok, ketumbar 3 biji, buah kayu ules 1 biji, dan daun tawas 1 helai. Campurkan semua bahan tersebut dan tambahkan air sebanyak 115 ml. Rebus hingga mendidih kemudian disaring. Anda bisa meminumnya pada pagi dan siang hari sebanyak 100 ml.

3. Ramuan dari beras ketan

Beras ketan juga bsia Anda guankan untuk mengatasi diare. Siapkan 100 gram beras ketan dan 1 jari kunyit. Cara membuatnya, Anda harus menggoreng tanpa minyak sampai hangus. Lalu, bakarlah kunyit sampai hangus juga. Setelah itu, tumbuk kedua bahan tersebut hingga menjadi halus. Anda bisa menyeduh ramuan tersebut dengan air panas. Ambil satu sendok makan untuk sekali seduh dan bisa diminum 3 kali sehari.

Itulah cara mengobati diare dengan ramuan tradisional. Bagaimana, Anda mau membuat ramuan tradisional tersebut saja untuk mengatasi diare?

(NR)

Comment di sini