CiriCara: Cara Mudah Manikur dan Pedikur di Rumah

by
April 26th, 2013 at 10:15 am

manikur dan padikurCiriCara.com – Bukan hanya kecantikan wajah saja, tapi keindahan dan kebersihan kuku juga wajib Anda jaga. Apalagi bagi Anda yang sering bertemu dan berkenalan banyak orang. Tentunya Anda harus memiliki jari dan kuku yang terlihat bersinar untuk memberikan kesan pertama yang baik.

Jari-jemari tangan dan kaki harus mendapatkan perawatan yang baik. Untuk itu, banyak para wanita yang akan pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan manikur dan pedikur. Mereka hanya tinggal duduk manis dan menikmati hasil kerja para pekerja salon yang membersihkan jari-jemari agar semakin cantik. Hasilnya memang memuaskan, tapi uang yang Anda keluarkan pun cukup menguras isi dompet. Selain itu, waktu yang dibutuhkan juga cukup lama.

Bagi Anda yang tak memiliki banyak waktu untuk melakukan manikur dan pedikur, perwatan jari-jemari tangan dan kaki juga bisa dilakukan di rumah. Caranya tidak terlalu repot, namun hanya dibutuhkan kesabaran saja. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara mudah manikur dan padikur di rumah:

Alat yang perlu disiapkan

- 2 baskom (Besar dan sedang)

- Gunting kuku dua ukuran (Besar dan kecil)

- Gunting kutikula

- Nail file untuk menghaluskan ujung-ujung kuku dan membentuk kuku

- Weezer untuk mencabut bulu di sekitar jari tangan

- Nail buffer untuk membuat kilau kuku secara alami

- Nail polish remover atau aseton

- Sabun bayi

- Pelapis dan penguat kuku

- Batu apung dan sikat

manikur

- Cat kuku untuk nail art

- Minyak zaitun

- Lotion atau krim pelembap

Jika semua peralatan tersebut sudah siap, maka Anda bisa langsung melakukan manikur dan padikur. Berikut teknik-teknik yang bisa Anda ikuti:

1. Bersihkan dan cuci tangan dan kaki untuk memastikan tidak ada kotoran yang melekat. Jika masih memakai cat kuku, maka Anda harus menghapusnya dahulu dengan nail polish remover atau aseton. Untuk membersihkan bawah kuku, Anda bisa menggunakan sikat dan sabun bayi. Gosokkan secara perlahan dengan gerakan satu arah. Pastikan kaki dan tangan bersih sebelum Anda melakukan mani pedi.

2. Isi baskom, dengan air hangat atau bisa menggunakan susu untuk merendam tangan dan kaki selama kurang lebih 5 menit untuk melunakkan kutikula pada kuku.

3. Keringkan dengan handuk dan oleskan krim pelembap ke seluruh bagian tangan dan kaki.

4. Potonglah kuku-kuku pada jari tangan dan kaki, kemudian rapiakan dengan nail file. Bentuklah kuku sesuai dengan keinginan, lalu haluskan kembali dengan nail file. Gunakan alat tersebut dengan gerakan satu arah.

5. Gunting kutikula yang tumbuh pada kuku-kuku Anda. Namun, jangan menarik kutikula. Anda hanya boleh memotong saja dengan menggunakan gunting kutikula secara perlahan agar tdak melukaia jari. Setelah itu, oleskan minyak zaitun untuk melembutkan dan melembapkan.

6. Ratakan kuku dengan nail buffer.

7. Gosok kaki dengan batu apung.

8. Rendam sekali lagi kaki dan tangan Anda dengan air dingin.

9. Gunakan base coat untuk melindungi kuku sebelum melakukan nail art.

10. Mulai lakukan nail art. Namun, jangan lupa untuk mengaplikasikan top coat untuk membuat warna kuku jadi lebih bersinar dan membuat warna cat kuku lebih lama.

Itulah cara mudah manikur dan pedikur di rumah. Manikur dan pedikur bukan hanya bermanfaat untuk menjadikan kaki dan tangan Anda cantik. Tapi kesehatan tangan dan kaki pun bisa Anda peroleh dengan melakukan cara tersebut. Kesehatan kutikula kuku jari, kelembapan, dan kelembutan jari-jemari bisa Anda dapatkan. Untuk itu, lakukanlah cara tersebut sebulan dua kali untuk mendapatkan jari-jemari yang sehat dan cantik. (NR)

Comment di sini