CiriCara: Cara Agar Tak Terkena Radiasi Ponsel

by
April 29th, 2013 at 2:47 pm

radiasi ponselCiriCara.com – Kemudahan yang ditawarkan barang elektronik yang satu ini yaitu ponsel memang menggiurkan banyak orang untuk memakainya. Hampir semua orang memilih untuk memakai ponsel dan meninggalkan saluran telepon tetap atau landline sebagai alat komunikasi utamanya.

Namun, tahukah Anda bahawa radiasi yang dipancarkan oleh ponsel memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh?

Menurut beberapa para ilmuwan, radiasi yang dipancarkan dari ponsel bisa membahayakan kesehatan, Terkena radiasi ponsel terus-menerus bisa terkena penyakit kanker. Selain itu, ada beberapa gejala lainnya yang bisa dirasakan seseorang yaitu pusing, gangguan tidur, tumor otak, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Anda disarankan agar pintar menggunakan ponsel agar tak terlalu sering terkena radiasinya. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara agar tak terkena radiasi ponsel:

1. Menjaga jarak dengan ponsel

Jika Anda sering melakukan percakapan melalui ponsel dalam waktu yang cukup lama, maka alangkah baiknya memakai headset atau speaker phone saja. Cara ini tentunya lebih aman karena bisa berguna untuk mengurangi dampak radiasi yang dipancarkan oleh ponsel Anda. Sebenarnya, dalam beberapa buku manual ponsel juga merekomendasikan agar Anda tidak terlalu dekat dengan ponsel, minimal sejauh 10 Milimeter atau sepanjang satu batang pensil dari tubuh manusia sepanjang waktu. Ketahuilah bahwa saat ponsel itu aktif dan sedang melakukan komunikasi, kekuatan sinyal bisa 1/16 dari empat inches.

memakai headset

2. Hati-hati saat ponsel lemah sinyal

Ketahuilah bahwa ponsel memancarkan lebih banyak radiasi radio frekuensi ketika tengah mencari sinyal. Untuk itu, Anda harus mewaspadainya. Biasanya ponsel dalam keadaan sinyal lemah saat baterai akan habis, dalam perjalanan, dan lain sebagainya. Untuk itu, alangkah baiknya mematikan ponsel saja saat sinyalnya sedang lemah.

3. Jangan ditempelkan di satu telinga saja

Para pengguna ponsel disarankan untuk sering mengubah posisi tangan dan telinga ketika sedang melakukan percakapan melalui ponsel. Hal tersebut bertujuan untuk membatasi jumlah paparan radiasi pada salah satu sisi kepala.

4. Jauhkan pada saat tidur

Saat ponsel itu tak lagi dipakai, sebaiknya jauhkan dari jangkauan Anda. Alangkah baiknya tidak meletakkan ponsel terlalu dekat pada saat Anda tidur. Jika terlalu dekat dengan ponsel, maka Anda akan terkena radiasinya sehingga membahayakan kesehatan. Selain itu, Anda disarankan juga untuk mematikan ponsel saja pada malam hari.

Itulah cara agar tak terkena radiasi ponsel. Pada saat ponsel tak digunakan, jangan juga meletakkannya di dalam saku karena bisa menimbulkan sakit jantung. Jangan sampai alat komunikasi yang Anda pakai sehari-hari menjadi bumerang bagi kesehatan. Menerapkan beberapa tips di atas dalam kehidupan sehari-hari bisa mengurangi risiko Anda terkena radiasi dari ponsel. (NR)

Comment di sini