CiriCara: Cara Cerdas Memilih Agen Perjalanan

by
April 29th, 2013 at 1:43 pm

memilih agen perjalananCiriCara.com – Seseorang yang ingin pergi berlibur tapi tak ingin pusing memikirkan rencana, biasanya mereka akan menggunakan jasa agen perjalanan. Dengan menggunakan jasa agen perjalanan tentunya liburan Anda nantinya akan lebih nyaman dan menyenangkan karena segala sesuatunya sudah diatur.

Namun, Anda disarankan untuk pintar dalam memilih agen perjalanan. Saat ini, pertumbuhan agen perjalanan kian naik dan berlomba-lomba menawarkan paket yang menarik dan murah untuk menarik perhatian masyarakat. Para agen perjalanan juga melakukan promosi-promosi menarik dengan menyebarkannya ke berbagai media, dari internet hingga selebaran brosur.

Banyaknya agen perjalanan itu, namun Anda harus pintar memilihnya. Jangan sampai Anda salah memilih hingga liburan menjadi tidak menyenangkan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara cerdas memilih agen perjalanan:

1. Memiliki latar belakang yang jelas

Pasatikan Anda memilih agen perjalanan yang profesional dengan melihat latar belakangnya dahulu. Anda perlu melihat jam terbang agen perjalanan, apakah sudah berdiri sejak lama atau belum. Selain itu, bacalah teliti profit dari penyedia jasa bersangkutan. Akan lebih baik, Anda menaruh perhatian pada penyedia jasa dalam bentuk perusahaan ketimbang pribadi. Perlu Anda ketahui bahwa agen perjalanan profesional memiliki akte PT (Perseroan Terbatas), terdaftar di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan provinsi setempat, memiliki rekenin atas nama perusahaan, surat domisili perusahaan, dan lain sebagainya.

2. Memiliki info kontak yang jelas

pergi liburan

Pastikan penyedia jasa pilihan Anda memilki info kontak yang jelas. Misalnya, alamat jelas, memiliki nomor telepon dan fax, serta tersedianya nomor emergency yang bisa dihubungi kapan saja. Jangan memiliki agen perjalanan yang mencantumkan nomor ponsel atau alamat email saja. Hal tersebut tentunya bisa dengan mudah diganti kapan saja sehingga bisa merugikan Anda.

3. Memberikan informasi yang jelas dalam website

Konsentrasikan pilihan Anda kepada penyedia jasa yang memberikan informasi secara detail dalam website mereka. Contohnya, jika Anda membutuhkan informasi mengenai paket liburan, maka dalam website harus bisa menjelaskan tentang hotel yang akan Anda tempati, kegiatan wisata yang akan diikuti, restoran yang akan disinggahi, serta keuntungan lain jika Anda memesan paket tersebut.

4. Memiliki layanan interaktif

Alangkah baiknya Anda memilih penyedia jasa yang memiliki layanan interaktif secara online baik berupa chatting atau juga webcam. Penyedia layanan jasa yang memiliki hal tersebut mencerminkan bahwa mereka merupakan agen perjalanan yang berani dan tidak akan mengecewakan para pelanggannya.

5. Jangan mudah tertarik dengan harga murah

Anda harus perhatikan rincian paket yang diberikan, mulai dari transportasi, akomodasi, logistik, lama perjalanan, hingga tour keliling. Pastikan fasilitas yang diberikan memadai dan tidak merepotkan Anda.

6. Pastikan mendapat asuransi

Dalam memilih agen perjalanan, pastikan juga Anda mendapat asuransi dari penyedia jasa itu. Tentunya Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selama perjalanan. Untuk itu, tanyakanlah secara rinci mengenai asuransi.

Itulah cara cerdas memilih agen perjalanan. Anda juga disarankan untuk tidak termakan rayuan penyedia jasa yang berpromosi melalui email yang masuk atau pesan SMS. Jangan mudah tergiur dengan harga yang ditawarkan karena hal tersebut bisa jadi malah merugikan Anda sendiri. (NR)

Comment di sini