CiriCara: Cara Menjalin Kerja Sama dengan Atasan

by

menjalin kerjasama di kantorCiriCara.com – Pada saat di kantor, tentunya Anda tak selalu bekerja sendiri. Anda akan berurusan dengan rekan kerja lainnya untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan, termasuk dengan atasan. Untuk itu, menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja di kantor sangatlah penting agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.

Terlebih dengan atasan, Anda disarankan untuk menjalin hubungan yang sangat baik untuk melancarkan karier ke depannya. Lalu, bagaimana cara yang agar hubungan selalu terjalin baik dengan atasan? Dilansir dai Inspiyr.com, inilah cara menjalin kerja sama yang baik dengan atasan:

1. Memberikan masukan untuknya

Pada umumnya, karyawan selalu mengeluh bahwa atasan mereka jarang memberikan masukan atau memuji pekerjaannya. Mereka merasa tak mendapatkan dukungan yang cukup dari atasan. Tapi jangan menyalahkan atasan karena Anda juga harus bertanya pada diri sendiri. Seberapa seringkah Anda memberikan masukan untuk atasan? Sadarilah bahwa atasan juga seorang manusia yang masih memiliki kekurangan. Untuk itu, coba Anda berikan masukan yang baik untuknya. Dengan begitu, atasan jadi menngetahui bahwa masukan yang diberikan oleh bawahannya itu sangat bermanfaat.

bekerja sama dengan atasan

2. Tetap terlihat profesional

Walaupun ingin bisa menjalin kerja sama yang baik dengan atasan, namun Anda harus berhati-hati saat bertutur kata. Terkadang lebih mudah melihat atasan sebagai teman dan mulai bicara tentang hal-hal personal. Namun, hal tersebut bukanlah keputusan yang bijak. Atasan adalah atasan dan Anda sedang berada di lingkungan kerja. Jika ingin berbicara mengenai hal personal, maka lebih baik pada teman yang sudah dipercaya saja.

3. Mengetahui gaya komunikasinya

Anda harus mengetahui gaya komunikasi atasan agar bisa menjalin kerja sama yang baik. Ketahuilah apakah atasan suka menggunakan e-mail, chatting, telepon, atau bertatap muka langsung untuk mengkomunikasikan sesuatu dengan bawahannya. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui waktu yang tepat untuk berbicara dengannya. Jika sudah mengetahui hal tersebut, maka Anda jadi lebih mudah menjalin kerja sama dengannya.

4. Memakai e-mail secara profesional

E-mail merupakan sarana komunikasi yang lebih sering dipakai di tempat kerja. Biasanya, e-mail yang Anda dapat dari atasan cukup membuat kesal. Namun, hati-hatilah saat membalasnya dan tetaplah profesional. Ketahuilah bahwa cara Anda menggunakan e-mail memiliki efek yang besar terhadap karier. Untuk itu, Anda harus selalu ingat bahwa sedang berada di lingkungan kerja sehingga harus bersikap sopan dan profesional.

Itulah cara menjalin kerja sama dengan atasan. Ketahuilah bahwa menjalin kerja sama yang baik bukan berarti Anda menjilat atasan. Bagaimanapun juga menjalin kerja sama yang baik itu sangat penting demi kelancaran pekerjaan. (NR)


comments powered by Disqus