CiriCara: Cara Tepat Mengendarai Motor Gede

by
April 29th, 2013 at 10:32 am

Motor-Ustad-JefriCiriCara.com – Ustadz Jefri Al Buchori meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan pada Jumat (26/4) sekitar pukul 01.00 WIB. Ustadz yang punya banyak penggemar ini meninggal setelah motor gede yang ia kendarai menabrak pohon palem di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Belum diketahui apa penyebab pasti meninggalnya ustadz yang akrab disapa Uje ini, namun salah seorang saksi bernama Johari mengatakan almarhum mengendarai motor dengan kencang, sempat kehilangan kendali, hingga akhirnya menabrak pohon di pinggir jalan.

Cara mengendarai motor gede memang tidak sama dengan mengendarai motor sport biasa. Motor gede memiliki bobot yang lebih berat. Bahkan bobot motor yang dikendarai Uje, Kawasaki ER-6N, mencapai 204 kg.

Dikutip dari Tempo, berikut adalah tips mengendarai motor gede dari Suhari Sargo, seorang pakar otomotif.

1. Butuh tenaga besar

Motor gede berbobot berat sehingga pengendara wajib punya tenaga yang cukup besar untuk mengendalikan motor ini. Pengendara harus bisa menahan bobot motor agar tidak kehilangan keseimbangan.

2. Perhitungkan kecepatan

Motor gede lebih cocok dikendarai di jalan yang halus. Indonesia, khususnya Jakarta, yang memiliki jalanan tidak rata lebih tidak ramah terhadap pengendara motor gede. Kecepatan yang disarankan bagi pengendara motor gede di Indonesia adalah di bawah 40km/jam.

3. Ketahui teknik pengereman

Teknik pegereman motor gede juga berbeda dengan motor lainnya. Ketika mengalami selip, pengendara harus tenang dan tidak langsung menginjak rem. Sebaliknya, pengendara harus menginjak rem dengan pelan-pelan sembari mengendorkan gas agar tidak semakin selip.

4. Jaga kesehatan fisik

Uje dikabarkan mengendarai motor dalam keadaan sakit. Pengendara motor gede harus yakin bahwa fisiknya siap dan tidak sedang letih karena ukuran dan bobot motor yang besar memerlukan tenaga fisik yang fit.

Itulah keempat tips mengendarai motor gede agar Anda selamat sampai tujuan.

(hp)

Comment di sini