Jokowi dan Dahlan Iskan Dapat Dukungan Tinggi Jadi Cawapres

by

Jakarta (CiriCara.com)Joko Widodo atau Jokowi selaku Gubernur DKI Jakarta dan Menteri BUMN, Dahlan Iskan ternyata memiliki tingkat elektabilitas tertinggi untuk menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) menurut survei yang dilakukan oleh Lembaga Klimatologi Politik (LKP).

ciricara.com-jokowi dan dahlan iskan

Detik

Seperti diberitakan oleh Kompas.com, lewat survey tersebut, Jokowi dipilih oleh sekitar 24,4 persen responden sedangkan Dahlan Iskan hanya mendapat 11, 3 persen saja.

“Jokowi merupakan tokoh fenomenal. Sekarang masyarakat melihat bagaimana seorang leader bisa bergaul dengan masyarakat,” ujar Chief Executive Officer (CEO) LKP, Usman Rachman dalam jumpa pers di Hotel Grand Menteng, Minggu 28 April 2013.

Usman mengatakan bahwa Jokowi memiliki karakter yang diinginkan dari seorang Cawapres. Masyarakat diperkirakan tidak akan menaruh simpati terhadap pemimpin yang menhaga jarak dengan masyarakatnya.

“Pemimpin yang selalu berada di menara gading dan istana yang megah tak akan mendapat dukungan rakyat,” kata Usman lagi.

Menurutnya, masyarakat sekarang tidak lagi bisa diremehkan dan ditipu oleh para pemimpin yang hanya bisa memberikan sembako untuk memperoleh suara. Masyarakat juga sudah tidak lagi peduli kepada para pemimpin yang banyak bicara namun tidak bisa memberikan bukti nyata kepada masyarakat.

Selain Jokowi dan Dahlan Iskan, kandidat lain yang mendapat dukungan adalah Hatta Rajasa (10,2 persen), Mahfud MD (9,5 persen), Chairul Tanjung (8,3 persen), Yusril Ihza Mahendra (5,7 persen), Surya Paloh (3,9 persen), Hary Tanoesoedibjo (3,8 persen), dan Anies Baswedan (2,7 persen). Tokoh-tokoh lain yang mendapat suara adalah Pramono Edhie Wibowo (1,7 persen), Marzuki Alie (1,3 persen), Puan Maharani (1,1 persen), dan Sri Mulyani Indrawati (1,1 persen).

Survei ini dilaksanakan pada tanggal 20-30 Maret 2013 di 33 provinsi dengan mengambil sampel sebanyak 1.225 responden melalui teknik multistage random sampling. Ambang kesalahan (margin of error) dari survei ini yakni +/- 2,8 persen dan level of confidence 95 persen. (RN)


comments powered by Disqus