Nenek Moyang Manusia Adalah Kera Amfibi?

by
April 29th, 2013 at 9:08 am

kera amfibiCiriCara.com – Sejumlah orang dari kalangan akademisi menyatakan mendukung teori yang mengatakan bahwa manusia adalah hasil evolusi kera amfibi.

Teori ini mengatakan bahwa kera muncul dari air, bulunya menghilang, mulai berjalan tegak, dan lalu mengembangkan otak yang besar.

Sir David Attenborough, seorang penyiar dan naturalis asal Inggris adalah salah seorang pendukung teori yang pernah dicemooh banyak orang ketika pertama kali muncul 50 tahun silam ini.

Teori kera air ini pertama kali dikemukakan pada 1942 oleh seorang ahli patologi asal Jerman bernama Max Westenhofer. Teori ini ditolak mentah-mentah oleh mayoritas masyarakat. Pada 1960, ahli biologi asal Inggris, Alister Hardy, menyatakan dukungannya terhadap teori ini.

Setelah Hardy, penulis asal Wales bernama Elaine Morgan mengungkapkan dukungannya lewat sejumlah buku yang berfokus pada topik seputar teori kera air.

Pada awal Mei 2013, sekelompok pendukung teori kontroversial ini berencana menggelar pertemuan yang menampilkan beberapa pembicara, termasuk Alister Hardy.

Hardy menulis bahwa kera turun dari pohon untuk hidup di daerah yang kaya akan makanan seperti sungai kecil, kali, dan laut. Dia berpendapat para kera ini berevolusi menjadi tegak karena mereka mencoba untuk tetap mepertahankan posisi kepala di atas air.

Selain itu, kera-kera itu disebut kehilangan bulu dan menumbuhkan lemak untuk menjaga agar mereka tetap hangat saat di dalam air.

Selain Hardy, peneliti lain yang akan ikut sebagai pembicara dalam pertemuan ini di antaranya Rhys Evans, seorang ahli  fisiologi kepala dan leher di rumah sakit Royal Marsden dan Dr. Michael Crawford dari Imperial College London.

Dr. Michael Crawford mengatakan manusia tak bisa memiliki otak yang besar tanpa adanya asupan asam Docosahexaenoic (DHA) yang berasal dari makhluk laut.

“Tanpa DHA yang melimpah, kita menghadapi peningkatan penyakit mental dan penurunan intelektual di masa depan. Kita perlu mengatasinya segera. Itulah pelajaran sebenarnya dari teori kera air,” ungkapnya.

Simak berita-berita unik lainnya di sini.

(hp)

Daily Mail

Comment di sini