Facebook: Gaji Mark Zuckerberg Resmi $1

by
April 30th, 2013 at 8:58 am

mark zuckerbergCiriCara.com – Facebook mengonfirmasi bahwa Mark Zuckerberg resmi menerima gaji sebesar $1 dan tidak mendapatkan bonus apapun tahun ini.

Di Amerika Serikat, para CEO punya semacam tradisi yakni jika perusahaan sudah benar-benar sukses, atau di ambang kebangkrutan, mereka akan memotong gaji mereka sendiri hingga hanya menerima 1$.

Sebelum Mark Zuckerberg, Steve Jobs memotong gajinya menjadi 1$ pada 1998. CEO lain yang juga merupakan anggota “klub gaji 1$” antara lain Lee Iacocca dari Chrysler, Mark Pincus dari Zynga, Elon Musk dari Tesla, Larry Ellison dari Oracle, dan Meg Whitman dari H-P.

Selain itu ada pula petinggi Google Eric Schmidt, Larry Page, dan Sergey Brin yang resmi hanya menerima gaji sebesar 1$ per tahun pada 2005 silam. Schmidt yang kemudian menjabat kepala eksekutif kemudian menerima gaji $1,25 juta per tahun, sementara Page dan Brin masih menerima $1.

Selain karena sudah cukup sukses, gaji $1 juga ditetapkan sebagai hukuman atau pelecut diri. Pada 1978, Lee Iacocca yang berusaha menyelamatkan Chrysler dari kebangkrutan memutuskan hanya akan menerima gaji $1.

Sementara itu pada 2010, Vikram Pandit dari Citigroup dipotong menjadi $1 karena perusahaan tengah menghadapi krisis dan protes keras dari publik. Pandit dipecat 2 tahun kemudian.

Gaji $1 yang diterima para CEO ini hanya merupakan simbol. Ketimbang untuk para CEO, gaji lebih diutamakan bagi para pegawai. Para petinggi menerima penghasilan hanya dari saham.

Tahun lalu Mark Zuckerberg mendapatkan penghasilan sebesar $500.000 dan bonus $266.101.

(hp)

Quartz

Comment di sini