CiriCara: Cara Cerdas Memilih Sekolah untuk Anak

by
May 1st, 2013 at 4:08 pm

memilih sekolah anakCiriCara.com – Memilih sekolah untuk si anak sebaiknya jangan asal memilih karena bisa mempengaruhi pendidikan anak nantinya. Bagi Anda yang ingin melanjutkan sekolah si anak ke pendidikan yang lebih tinggi, sebaiknya pilihlah yang tepat.

Dengan memilih sekolah yang tepat, tentunya si anak juga akan mendapatkan pendidikan yang tepat. Selain itu, si anak juga bisa mendapatkan kenyamanan. Dilansir dari Boldsky.com, berikut cara cerdas memilih sekolah untuk anak:

1. Melihat reputasi sekolah

Reputasi sekolah merupakan salah satu hal yang paling penting Anda ketahui untuk mendaftarkan anak ke sekolah tersebut. Reputasi sekolah biasanya akan berpengaruh pada situasi, kurikulum, dan kualitas para pengajarnya. Untuk itu, pilihlah sekolah yang sudah memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat. Anda bisa mendapatkan informasi terebut dari orangtua yang pernah menyekolahkan anaknya di sana.

2. Perhatikan kurikulum yang ada di sekolah

Mengetahui kurikulum yang ada di sekolah juga merupakan hal penting untuk mempertimbangkan sebuah lembaga pendidikan yang ideal untuk si anak. Apakah pelajaran dan cara mengajar gurunya sudah mencakup semua ilmu dan bisa berguna bagi masa depan si anak? Pastikan sekolah yang Anda pilih untuk anak memiliki kurikulum yang jelas.

anak belajar di kelas

3. Mencermati biaya sekolah

Biaya sekolah yang mahal bisa menjadi permasalahan beberapa orangtua untuk menyekolahkan anaknya. Tak sedikit sekolah, khusunya swasta yang mematok harga tinggi untuk biaya SPP, buku, dan seragam demi keuntungan sekolah tersebut. Namun, jangan juga menyekolahkan anak yang mematok biaya rendah tapi tak berkualitas. Untuk itu, Anda harus mencermatinya demi pendidikan si anak.

4. Cari lokasi sekolah yang tepat

Untuk menekan biaya sekolah si anak yang semakin mahal, Anda bisa memilih sekolah yang letaknya tak jauh dari rumah. Jika dekat dengan sekolahnya, maka si anak bisa berjalan kaki menuju ke sana atau naik satu kali angkutan umum saja. Untuk itu, carilah sekolah yang bisa dijangkau oleh kendaraan umum.

5. Lihat fasilitas yang ada di sekolah

Anda juga perlu mengetahui fasilitas apa saja yang ada di sekolah. Pastikan sekolah tersebut memiliki fasilitas yang bisa menunjang pendidikan dan kenyamanan si anak, seperti perpustakaan yang nyaman, WC yang bersih, laboratorium, dan lain sebagainya. Selain itu, biasanya beberapa sekolah juga memiliki fasilitas antar jemput. Jika memiliki fasilitas tersebut, maka Anda bisa memanfaatkannya. Dengan begitu, Anda tak perlu repot-repot untuk mengantar jemput si anak dan keamanannyapun akan terjamin.

Itulah cara cerdas memilih sekolah untuk anak. Ketahuilah bahwa memilih sekolah sangat mempengaruhi pendidikannya kelak. Untuk itu, jangan asal memilih sekolah anak jika menginginkan dirinya tumbuh menjadi anak yang pintar dan berguna. (NR)

Comment di sini