CiriCara: Cara Makan yang Benar untuk Mencegah Sakit Kronis

by
May 1st, 2013 at 10:35 am

makan yang benar dan sehatCiriCara.com – Tahukah Anda bahwa cara makan dan makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi kesehatan? Jika pola makan dan makanan yang Anda konsumsi salah, maka bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Sejumlah penyakit kronis yang banyak diderita orang saat ini, seperti diabetes, hipertensi, stroke, jantung, dan lain sebagainya itu ternyata berkaitan erat dengan makanan apa yang dikonsumsinya.

Namun di tengah kesibukannya, banyak orang yang melupakan hal tersebut sehingga jadi tak terlalu memikirkan pola makan yang benar dan makanan seperti apa yang baik untuk dikonsumsi. Dengan begitu, mereka jadi mudah terkena penyakit kronis.

Mulai saat ini, alangkah baiknya Anda memiliki pola makan yang benar dan sehat agar dijauhkan dari penyakit kronis tersebut. Dilansir dari Health.Kompas.com, berikut cara makan yang benar untuk mencegah sakit kronis:

1. Makan saat lapar saja

Jangan makan pada saat Anda sedang merasa bosan, sedih, stres, resepsi pernikahan, ada makanan yang menggunggah selera, atau hanya karena gratis. Jika Anda makan dalam keadaan yang seperti itu, maka biasanya makanan yang dikonsumsi cenderung tidak sehat dan jadi makan berlebihan sehingga yang didapat hanyalah penyakit saja. Untuk itu, makanlah pada saat lapar saja dan nikmati makanan tersebut. Namun makanlah secukupnya saja jangan sampai Anda merasa kekenyangan.

2. Memilih piring kecil

Apa, berapa, dan bagaimana makanan yang diletakkan dalam piring bisa mempengaruhi selera makan Anda , rasa puas, dan kenyang. Seseorang yang makan dengan piring besar, biasanya akan meletakkan nasi beserta lauk pauknya lebih banyak. Benarkah? Jika terlalu banyak makan, maka bisa membuat Anda kekenyangan. Untuk itu, pastikan Anda makan dalam porsi yang cukup dengan menggunakan piring yang lebih kecil saja. Dengan begitu, makanan yang diletakkan si atasnya akan terlihat lebih banyak dan mencegah Anda untuk makan lebih banyak.

makanan sehat

3. Menikmati makanan yang dilahap

Terburu-burukah Anda pada saat mengunyah makanan? Sebaiknya jangan melakukan hal tersebut karena tidak baik untuk sistem pencernaan. Makan terburu-buru bisa membuat Anda makan lebih banyak dan makanan yang dikunyah pun  jadi tidak sempurna.

Alangkah baiknya, makanan  yang disantap itu benar-benar dinikmati. Makanlah dalam keadaan tenang dan pelan-pelan. Makan dengan situasi seperti itu memberikan kesan bahwa Anda benar-benar menikmati makanan sehingga sistem pencernaan bekerja lebih sempurna. Ketahuilah bahwa rasa kenyang akan sampai ke otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit setelah Anda makan.

4. Sedkit makan, tapi sering

Karena kesibukannya, biasanya orang akan makan 1 atau 2 kali sehari saja tapi dalam porsi besar. Mereka yang tak sempat sarapan, biasanya akan makan siang dalam porsi yang besar. Namun, pola makan seperti itu tidak baik untuk kesehatan, perut jadi tak nyaman, terasa sesak, mual, muntah, cegukan, dan penyerapan makanan tidak sempurna. Bahkan, pola makan seperti itu bisa menyebabkan serangan jantung.

Selain itu, jika mengonsumsi makanan yang indeks gilkemiknya tinggi dan kurang mengandung serat, maka kadar gula darah bisa naik mendadak kemusian memacu pelepasan insulin dalam jumlah besar. Hal tersebut mengakibatkan kadar gula darah turun cepat sehingga Anda menjadi letih, mood terganggu, mengantuk, dan ingin makan yang manis-manis. Untuk itu, makanlah sedikit-sedikit tapi sering agar sistem pencernaan bekerja lebih baik dan gula darah menjadi stabil. Beberapa ahli kesehatan menyarankan agar Anda makan 4-5 kali sehari dalam porsi kecil.

5. Makan makanan rumah

Kesibukan seseorang juga jadi membuatnya lebih sering mengonsumsi makanan dari luar. Padahal, makanan di luar itu belum tentu terjamin kesehatan dan kebersihannya. Mengonsumsi makanan yang dibeli di luar dengan makanan yang dimasak sendiri tidak sama kualitas dan pengaruhnya. Jika memasak sendiri, maka Anda sendiri yang menentukan bagaimana rasanya, jumlahnya, dan cara memasaknya. Selain itu mengonsumsi makanan dari rumah juga lebih terjamin kesehatan dan kebersihannya. Untuk itu, biasakanlah makan makanan rumah saja daripada jajan di luar.

Itulah cara mencegah penyakit kronis dengan makan yang benar. Bagaimanapun juga, pola makan, kebersihan, dan kesehatan makanan itu mempengaruhi kesehatan tubuh Anda. Untuk itu, pastikan cara makan Anda benar dan sehat agar terhindar dari segala penyakit. (NR)

Comment di sini