CiriCara: Cara Mengajarkan Kebersihan pada Anak

by
May 1st, 2013 at 4:58 pm

menegajarkan anak kebersihanCiriCara.com – Ada istilah yang mengatakan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Oleh sebab itu, Anda disarankan agar mengajarkan hal tersebut pada anak sejak dini. Mengajarkan kebersihan pada anak memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi, Anda harus tetap bersabar menghadapinya.

Jika si anak sudah diajarkan untuk menjaga kebersihan sejak dini, maka kelak bisa menjadi pribadi yang bersih juga dan mencintai lingkungannya. Untuk itu, mulailah mengajarkan kebersihan pada anak dengan cara berikut ini:

1. Memberikan contoh yang baik

Mengajarkan kebersihan pada anak memang cukup sulit. Namun Anda harus tetap bersabar menghadapinya. Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah memberikan contoh kepadanya. Seorang anak biasanya akan tumbuh dengan mencontoh apapun yang dilihatnya.

2. Menetapkan rutinitas

Kebersihan juga bisa Anda ajarkan pada anak dengan menetapkan rutinitas. Pada saat si anak selesai bermain dengan mainannya, biasakan untuk mengajarkannya agar segera merapikan mainan tersebut dan meletakkan pada tempatnya. Dengan menetapkan rutinitas pada anak, tentunya bisa membuatnya jadi memiliki tanggung jawab.

kebersihan gigi

3. Menyediakan tempat untuk mainannya

Jangan lupa juga untuk menyediakan tempat, seperti lemari agar si anak bisa menyimpan mainannya di situ. Jika tak ada tempat penyimpanan, maka bisa membuatnya jadi bingung untuk meletakannya. Alhasil, si anak akan membiarkan mainannya berantakan begitu saja.

4. Mengajarkan dengan cara yang sopan

Untuk mengajarkan dan kerapian pada anak diperlukan kesabaran. Jangan langsung membentak atau memarahinya jika si anak tak mau menjaga kebersihan dan kerapian. Misalnya, kamar si anak berantakan ketika Anda memasukinya. Alangkah baiknya, Anda menasihatinya baik-baik sambil membereskan kamar dan tempat tidurnya. Dengan begitu, si anak akan jadi mengerti betapa pentingnya menjaga kebersihan.

5. Memberikan pujian kepada anak

Ketika si anak sudah mulai mengubah sikapnya untuk menjaga kebersihan, Anda perlu memberikan pujian kepadanya. Namun jangan berlebihan karena malah akan membuatnya jadi berubah sikap lagi. Pujian yang bisa Anda berikan, seperti “Anak mama pintar sekali mau merapikan mainanya sendiri”. Dengan pujian seperti itu tentunya akan membuat anak merasa senang.

Itulah cara mengajarkan kebersihan pada anak. Dengan begitu, si anak lama-lama akan terbiasa untuk bisa menjaga kebersihan hingga dirinya tua nanti. Selain itu, si anak juga bisa jadi memiliki rasa percaya diri. (NR)

Comment di sini