Demo Buruh 2013: Sejarah Hari Buruh Sedunia

by
May 1st, 2013 at 10:43 am

Protes BuruhJakarta (CiriCara.com) – Hari ini, Rabu 1 Mei 2013 diperingati para buruh sebagai hari buruh seluruh dunia atau biasa disebut May Day. Para buruh pun ada yang memperingatinya dengan melakukan aksi demonstrasi di sejumlah daerah. Kenapa 1 Mei ditetapkan sebagai hari buruh?

Penetapan 1 Mei sebagai hari buruh itu berkaitan erat dengan perjuangan buruh di Amerika Serikat yang menuntut diberlakukannya 8 jam kerja dalam sehari. Pada 1 Mei 1886, sebanyak 350 ribu buruh melakukan aksi mogok masal di sejumlah tempat di AS.

Mereka menuntut diberlakukannya 8 jam kerja, karena saat itu mereka dipaksa untuk bekerja selama 15 jam dalam sehari. Aksi ini berlanjut hingga tanggal 3 Mei 1886, di pabrik McCormick. Pemerintah Amerika kemudian mengirimkan polisi untuk membubarkan aksi tersebut.

Untuk mengusir massa, polisi menembaki sejumlah buruh yang melakukan aksi mogok tersebut. Dikabarkan bahwa ada empat buruh yang tewas sementara puluhan lainnya mengalami luka-luka. Hal ini pun langsung memicu amarah kaum buruh di sejumlah tempat di Amerika.

Tidak menyerah, buruh kembali menggelar aksi pada tanggal 4 Mei. Mereka memusatkan aksi di lapangan Haymart, Chicago, AS. Aksi damai ini berubah jadi ricuh setelah sebuah bom meledak di dekat barisan polisi, satu polisi dinyatakan tewas.

Demo buruh dalam memperingati May Day.

Demo buruh dalam memperingati May Day.

Polisi kemudian menembaki para buruh sebagai aksi balasan karena menganggap bom tersebut berasal dari buruh. Padahal, hingga saat ini masih belum diketahui siapa yang meledakkan bom tersebut. Banyaknya buruh yang terluka dan tewas membuat insiden tersebut dikenal sebagai tragedi Haymarket.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah aktivis buruh langsung ditahan. Pengadilan dinilai tidak adil dalam menjatuhkan hukuman kepada 8 tokoh buruh. August Spies, Albert Parsons, Adolph Fischer, dan George Engel dihukum gantung. Louis Lingg akhirnya bunuh diri saat dipenjara, sementara Michael Schwab, Samuel Fielden, dan Oscar Nebe dijatuhi hukuman seumur hidup.

Tidak terima dengan keputusan pengadilan, masyarakat pun akhirnya menuding pengadilan AS telah berbuat korup dan memihak kaum pengusaha. Mereka mendesak agar para aktivis itu dibebaskan. Hingga pada 1893, akhirnya 3 aktivis yang dijatuhi hukuman seumur hidup tersebut dibebaskan.

Pada Kongres Internasional Buruh di Paris tahun 1890, akhirnya ditetapkan bahwa 1 Mei merupakan hari buruh atau biasa disebut May Day. Hal ini dikarenakan 1 Mei merupakan awal dari perjuangan buruh dalam mendapatkan hak kerja yang layak.

(YG)

Comment di sini