Bawakan Lagu Dewasa, Coboy Junior Diadukan ke KPI

by
May 2nd, 2013 at 11:24 am

ciricara.com-coboy juniorMataram (CiriCara.com)Coboy Junior, boyband yang terdiri dari beberapa bocah  laki-laki dilaporkan ke Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Nusa Tenggara Barat (KPID NTB).

Seperti diberitakan oleh Tempo.co, sejumlah penonton di Mataram memprotes acara SCTV Music Awards 2013 yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta SCTV pada hari Senin, 29 April 2013. Para pemirsa kurang suka penampilan penyanyi dan boyband Super7 dan Cowboy Junior yang membawakan lagu orang dewasa dan bertema cinta.

“Kami sedang memproses dan mengkaji aduan pemirsa tersebut,” kata Wakil Ketua KPID NTB, Sukri Aruman, Rabu, 1 Mei 2013 seperti dikutip oleh sumber berita. Sementara itu, lembaganya berjanji akan segera mengklarifikasi persoalan tersebut kepada SCTV

Menurutnya, para pemirsa juga mempersoalkan jam tayang yang masuk dalam kategori dewasa namun justru penyanyi cilik yang tampil dengan membawakan lagu-lagu dewasa.

Dengan adanya penampilan Coboy Junior dan Super7 dalam acara tersebut, dampak yang ditimbulkan justru tidak baik bagi anak-anak.

KPID NTB juga akan berkoordinasi dengan KPI Pusat untuk meminta bukti siaran acara tersebut. Dan jika terbukti ada pelanggaran maka KPID NTB akan menjatuhkan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Sebelumnya, berdasarkan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran KPI tahun 2012, lembaga penyiaran wajib untuk memberikan perlindungan dan pemberdayaan kepada anak dengan menyiarkan program siaran pada waktu yang tepat sesuai dengan penggolongan program siaran.

Dalam Standar Program Siaran Pasal 15 ayat 4, lembaga penyiaran sangat dilarang untuk melibatkan anak-anak dalam program siaran langsung yang melewati pukul 21.30 waktu setempat. (RN)

Comment di sini