CiriCara: Cara Mempersiapkan Mental Sebelum Menikah

by
May 2nd, 2013 at 4:02 pm

mempersiapkan mental sebelum menikahCiriCara.com – Sebelum melangkah ke jenjang pernikahan, tentunya akan ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Misalnya, mental diri, meminta restu dari orangtua, resepsi pernikahan, keuangan, dan lain sebagainya. Namun, yang terpenting adalah persiapan mental agar pernikahan nantinya bisa bahagia.

Menikah tanpa persiapan mental akan membahayakan kehidupan bahtera rumah tangga nantinya. Pasangan yang menikah tanpa persiapan yang matang biasanya akan mengalami konflik terus-menerus dan bisa berujung pada perceraian. Hal tersebut bisa disebabkan oleh perbedaan visi dan misi dalam menjalani kehidupan rumah tangga.

Untuk itu, sebelum Anda melangkah ke hubungan pernikahan alangkah baiknya mempersiapkan mental dengan baik. Bagaimana? Berikut cara mempersiapkan mental sebelum menikah:

1. Mencari solusi atas sebuah konflik

melamar kekasih

Anda tentunya memiliki kebiasaan yang bertolak belakang dengan pasangan, bukan? Untuk itu, pada masa pacaran tentunya Anda dan pasangan harus bisa memahami. Jika memiliki perbedaan prinsip, maka alangkah baiknya untuk diselesaikan baik-baik atau mencari solusinya pada saat pacaran. Tujuannya adalah agar setelah menikah nanti Anda sudah bisa saling mengerti dan memahami satu sama lain karena hal tersebut pernah dibahas sebelum menikah.

2. Menjalin komunikasi yang baik

Komunikasi tidak harus dilakukan sceara verbal, namun Anda bisa melakukannya melalui sentuhan, senyuman, lelucon, komentar, dan keinginan mendengar satu sama lain. Seebelum menikah, Anda harus mengenal lebih dalam tentangnya, bukan hanya sekadar mengetahui hobi atau makanan kesukaannya. Anda perlu mengenali kebutuhan emosinya baik-baik dengan cara berkomunikasi menggunakan hati. Tunjukkan kasih sayang yang tulus kepadanya dan jangan terlalu banyak mengeluh.

3. Menghilangkan pikiran negatif

Terllau banyak berpikiran negatif akan membuat Anda curiga dan tidak percaya pada pasangan. Jika Anda akan terus berpikiran seperti itu, maka setelah menikah nanti bisa memicu pertengkaran dan berujung perceraian. Untuk itu, Anda disarankan agar selalu berpikir positif pada saat ini dan sudah menikah nanti. Dengan begitu, kehidupan keluarga nantinya akan selalu harmonis.

Itulah cara mempersiapkan mental sebelum menikah. Jika masih dalam masa-masa pacaran dengannya, maka sebaiknya terapkan beberapa cara tersebut. Tujuannya adalah agar kehidupan setelah menikah nanti selalu harmonis dan bahagia. (NR)

Comment di sini