Diminta Cerai, Istri Eyang Subur Akan Gugat MUI

by
May 2nd, 2013 at 11:57 am

Jakarta (CiriCara.com) – Istri-istri Eyang Subur secara kompak mengaku keberatan dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang meminta Eyang Subur untuk menceraikan empat istrinya. Bahkan istri-istri Eyang Subur itu berencana untuk menggugat MUI.

Foto: Kapanlagi.com

Foto: Kapanlagi.com

“Kemungkinan saya akan menggugat MUI ke Pengadilan Agama. Paling lambat Senin (6/5/2013) depan,” kata kuasa hukum istri-istri Eyang Subur, Made Rahman di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2013) kemarin.

Made menjelaskan bahwa pihaknya terpaksa menggugat MUI karena tidak menggubris surat keberatan yang sudah dilayangkannya pada waktu lalu. MUI dinilai telah menimbulkan rasa tidak aman terhadap para istri Eyang Subur yang akan diceraikan.

“Majelis itu harusnya memberikan rasa aman dan tentram, bukan malah menimbulkan kemudhoratan,” jelas Made kepada sejumlah wartawan yang menemuinya.

Gugatan tersebut, terang Made, bukan merupakan bentuk perlawanan Eyang Subur terhadap fatwa MUI. Menurut Made, istri-istri Eyang Subur hanya ingin meminta kejelasan mengenai nasib mereka setelah diceraikan nanti.

Made menjamin bahwa istri Eyang Subur akan patuh terhadap fatwa MUI jika dirasa baik dan tidak merugikan salah satu pihak. “Majelis ulama itu lembaga yang dihormati di negara ini. Kalau fatwa itu memang baik ya akan kami turuti,” ujarnya.

Sementara itu, pihak MUI sendiri mengaku siap menghadapi gugatan para istri Eyang Subur tersebut. Hal ini diungkapkan oleh Ketua MUI Pusat, Umar Shihab yang menuturkan bahwa selama ini MUI tidak pernah mendapat gugatan.

“Silakan saja menggugat. Kami siap berdasarkan hukum,” kata Umar.

Seperti yang diketahui, MUI menilai Eyang Subur sudah menyimpang dari ajaran agama Islam. Pasalnya, Eyang Subur sudah mempunyai delapan orang istri. Padahal menurut aturan agama, seorang muslim hanya diperbolehkan memiliki empat orang istri saja.

Karenanya, pihak MUI meminta agar Eyang Subur segera menceraikan empat istrinya. MUI menyarankan agar Eyang Subur menceraikan istri kelima sampai kedelapan. (YG)

Comment di sini