Pendatang Pertama dari Inggris ke Amerika Terbukti Kanibal

by
May 2nd, 2013 at 11:13 am

Jamestown (CiriCara.com) – Para arkeolog dari Jamestown dan Smithsonian’s National Museum of Natural History berhasil menguak tabir yang menyelimuti tulang belulang seorang gadis berusia 14 tahun yang diberi nama Jane.

Para peneliti menemukan bukti kuat bahwa para pendatang pertama dari Inggris di Amerika menyintas kondisi yang keras dengan menjadi kanibal lewat penelitian terhadap tulang Jane.

Menurut penelitian, tulang itu berasal dari  masa musim dingin yang mematikan sekitar tahun 1609-1610, dikenal sebagai “masa kelaparan”. Pada masa tersebut, ratusan pendatang tewas di Jamestown.

AP

Douglas Owsley memperlihatkan tengkorak Jane (AP)

Selama bertahun-tahun, beredar cerita yang mengatakan para pendatang dari Inggris berusaha bertahan hidup dengan memakan anjing, tikus, ular, dan kulit pada sepatu.

Ada pula catatan tertulis yang menyatakan para pendatang memakan sesamanya yang telah meninggal, namun para arkeolog skeptis terhadap kisah-kisah itu.

Para peneliti berpendapat para pendatang tiba sewaktu terjadi masa kekeringan terparah dalam 800 tahun terakhir. Kira-kira 6.000 orang hidup dalam kelaparan di Jamestown dari 1609 hingga 1625.

Pemimpin koloni awal di Jamestown, George Percy, menulis catatan “dunia kesengsaraan” yang memuat kisah bagaimana orang-orang menggali kuburan dan memakan mayat ketika tak ada bahan makanan.

“Tak ada yang tersisa untuk mempertahankan hidup,” tulisnya.

AP

Guratan bekas pisau yang digunakan untuk mengiris daging (AP)

Seorang pria dikisahkan memakan istrinya yang hamil. Percy dan satu pemimpin koloni terkenal lainnya, Kapten John Smith, menuliskan cerita ini di catatan mereka. Orang tersebut lalu dieksekusi mati.

Para arkeolog meragukan kisah kanibalisme ini karena tak ada bukti yang kuat, hingga sekarang.

Antropolog forensik Museum Smithsonian, Douglas Owsley, mengatakan para sejarawan bertanya-tanya, benarkah kanibalisme itu terjadi?

“Dan penemuan ini menjadi bukti kuat bahwa kanibalisme terjadi,” lanjutnya.

Tulang belulang Jane ditemukan pada musim panas 2012 di langit-langit sebuah rumah bersama sampah-sampah, termasuk tulang hewan yang telah dikonsumsi. Pada tulang ditemukan bukti bahwa telah terjadi kanibalisme karena ada bekas cacahan di bagian depan dan belakang tengkorak.

Penemuan tersebut menjadi penemuan sisa-sisa manusia keempat yang didapatkan di Jamestown.

(hp)

Daily Mail

Comment di sini