CiriCara: Cara Memilih Tempat Makan Saat Berlibur

by
May 3rd, 2013 at 3:10 pm

tempat makanCiriCara.comPada saat berlibur ke satu kota atau negara tentunya Anda dan keluarga atau teman akan menyempatkan waktu untuk mencicipi jajanannya, bukan? Jika sudah mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada, maka Anda pun akan berwisata kuliner juga di kota atau negara tersebut.

Wisata kuliner dan mencicipi masakan yang berbeda dari setiap kota atau negara memang mengasyikan. Selain memanjakan lidah, pengalaman liburan Anda pun juga akan bertambah. Anda dan keluarga atau teman-teman pastinya akan mengunjungi beberapa tempat makan untuk dicicipi makanannya.

Namun, jangan asal memilih tempat makan pada saat liburan karena bisa membuat Anda menyesal. Lalu, bagaimana caranya? Inilah cara memilih tempat makan saat berlibur:

1. Pilih yang ramai

Jika ingin kuliner di daerah tempat wisata yang Anda kunjungi, sebaiknya memilih tempat makan yang ramai. Jika tempat makan tersebut ramai, maka bisa jadi makanan yang dijual enak-enak sehingga banyak orang yang mengunjunginya.

2. Bertanya pada warga lokal

jajan pinggir jalan

Kompas

Selain melihat keramaiannya, Anda bisa bertanya langsung pada warga setempat. Misalnya, pelayan hotel, sopir travel, atau warga setempat lainnya. Cobalah bertanya pada mereka mengenai tempat makan yang enak dan asyik untuk bisa dikunjungi. Setelah itu, Anda bisa langsung mendatangi dan mencoba berbagai makanan di tempat makan tersebut. Biasanya, tempat makan yang direkomendasikan oleh warga setempat rasanya tidak begitu mengecewakan.

3. Mengecek harga makanan

Sebelum memesan makanan, sebaiknya Anda harus mengecek harga makanan dan minuman di tempat makanan terebut. Anda bisa mengetahuinya dari daftar menu atau bertanya langsung pada penjual jika makannya di pinggir jalan. Tujuan mengetahui harga makanannya dahulu adalah agar Anda tidak ditipu oleh penjual. Biasanya, ada penjual yang iseng menaikkan harga berkali-kali lipat.

4. Perhatikan kebersihannya

Bagaimanapun juga, kebersihan tempat dan makanan perlu Anda perhatikan. Pilhlah tempat makan yang bersih. Jangan memilih tempat makan yang berada di sebelah pembuangan sampah, kali yang kotor, atau tempat kotor lainnya. Jika berdekatan dengan tempat kotor tersebut, maka kemungkinan kebersihan makanan di tempat itupun tak terjamin dan membuat Anda merasa tidak nyaman sehingga tak menikmati makanan.

5. Menggunakan bahasa lokal daerah

Tak ada salahnya Anda menggunakan sedikit bahasa lokal daerah tersebut pada saat membeli makanan. Cara tersebut bisa mengakrabkan diri dengan warga lokal atau si penjual. Selain itu, mungkin Anda juga bisa mendapatkan diskon dari si penjual.

Itulah cara cerdas memilih tempat makan saat berlibur. Pada saat berlibur, cerdaslah memilih tempat makan yang asyik dan memiliki kelezatan pada makannya. Selain itu, jangan lupa juga untuk menikmati makanan khas kota atau daerah tersebut. Dengan begitu, pengalaman liburan Anda akan sangat menyenangkan. (NR)

Comment di sini