CiriCara: Cara Merangsang Anak untuk Berbicara

by

mengajari anak berbicaraCiriCara.com – Pada saat seorang anak dilahirkan, biasanya sebagian besar ibu akan merawatnya dengan baik. Si ibu akan terus memperhatikan perkembangan anak dari hari ke hari. Saat si anak memasuki usia 1 tahun, bisanya ada yang sudah bisa berjalan atau sedikit berbicara. Ketahuilah bahwa perkembanagan setiap anak pada umumnya berbeda-beda.

Ada anak yang mahir berjalan terlebih dahulu tapi belum bisa mengucapkan kata-kata. Adapula anak yang ceriwis tapi belum mampu berjalan. Untuk meningkatkan keterampilan bicara anak diperlukan stimulasi dari orangtuanya. Stimulasi seperti apa yang bisa diberikan pada anak agar bisa cepat berbicara?

Berikut cara merangsang anak untuk berbicara:

1. Meluangkan waktu untuk bersamanya

Anda sebagai ibu yang baik harus melatih anak untuk berbicara. Misalnya, pada waktu makan atau bermain bersama. Selain itu, luangkanlah waktu untuk bisa berdekatan dengannya. Misalnya, pada malam hari ketika anak hendak tidur, Anda bisa mengajak bermain sebentar atau membacakan sebuah dongeng.

2. Memberikan mainan yang tepat

menstimulasi anak

Sebaiknya, hindari hal-hal yang mungkin mengganggu perkembangan si anak. Misalnya, adanya radio atau televisi. Program yang tidak mendukung perkembanangan si anak sebaiknya jangan Anda pertontonkan karena hanya akan membuat si anak menjadi pasif. Alangkah baiknya, Anda mengajaknya bermain saja dengan memberikan permainan yang merangsang si anak untuk bisa berbicara.

3. Memandang anak saat berbicara

Anda memang disarankan untuk sesering mungkin berbicara pada anak. Namun, pada saat berbicara kepadanya Anda harus memandang wajahnya. Jika Anda memandang wajahnya, maka si anak akan bisa melihat ekspresi dan gerak tubuh yang Anda lakukan. Cara tentunya bisa merangsangnya untuk berbicara.

4. Jangan memberikan kritik kepadanya

Jika si anak hanya sedikit berbicara atau tak kunjung bisa berbicara, maka jangan memarahi atau memberikan kritik. Anak akan berhenti berbicara jika Anda memarahinya. Untuk itu, sebaiknya Anda membuat si anak merasa nyaman dengan selalu tersenyum.

Itulah cara merangsang anak untuk berbicara. Dilansir dari Health.Kompas.com, dr. Vimaladewi Lukito, Sp.A, Tirtayu Healing Center Jakarta mengatakan bahwa anak usia satu tahun biasanya sudah bisa mengucapkan beberapa kata atau minimal satu kata. Sedangkan pada usia dua tahun, setidaknya si anak suda bisa berbicara 6 kata.

Anak pada usia dua tahun yang belum bisa bicara sama sekali bisa dikatakan dalam keadaan tidak normal. Bahkan, ada kemungkinan si anak berkembang ke arah autis atau gangguan perkembangan lain. Apalagi jika tampak lebih senang main sendiri. Untuk itu, Anda perlu waspada jika si anak tak kunjung bicara jika usianya sudah menginjak 2 tahun. (NR)


comments powered by Disqus