CiriCara: Cara Mudah Memperlancar Buang Air Besar

by
May 3rd, 2013 at 10:19 am

memperlancar BABCiriCara.com – Apakah Anda pernah merasakan susah buang air besar? Merasakan hal tersebut tentunya membuat Anda tidak nyaman. Perut terasa penuh dengan makanan tapi tak bisa dikeluarkan. Solusinya, biasanya sejumlah orang akan mengonsumsi obat untuk memperlancar buang air besar. Namun ketahuillah bahwa mengonsumsi obat tersebut secara berlebihan sangat tidak baik.

Lalu, apa sebenarnya yang menyebabkan seseorang jadi sulit buang air besar itu? Seseorang yang sulit buang air besar dikarenakan dirinya memiliki pola makan yang tidak sehat, terlalu banyak mengonsumsi obat pencahar, kurangnya cairan atau serat-serat dalam melakukan pola diet, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki masalah pencernaan seperti itu, jangan khawatir karena ada cara untuk bisa memperlancar kembali BAB. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara mudah memperlancar buang air besar:

1. Perbanyak makan buah dan sayuran

Mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran bisa memperlancar saluran pencernaan Anda. Salah satu sayur yang baik untuk dimakan adalah kol. Kol bukan hanya kaya serat tapi memiliki berbagai jenis enzim yang bermanfaat untuk mendorong sistem pencernaan. Selain itu, kol juga baik untuk membersihkan racun di dalam hati. Selain kol, masih banyak buah-buahan dan sayuran lainnya yang baik untuk Anda konsumsi agar BAB bisa lancar.

2. Rajin meminum air putih

Salah satu penyebab sulit buang air besar adalah kurang minum. Oleh sebab itu, untuk menyembuhkan masalah tersebut sebaiknya Anda banyak meminum air putih. Usahakan untuk meminum air putih 2 liter per hari atau sesuaikan dengan berat tubuh Anda. Jika memiliki tubuh kurus, maka Anda bisa mengurangi porsi minum, Sebaliknya, jika Anda gemuk, maka bisa meminum lebih banyak.

3. Mengurangi makan olahan

memijat perut

Makanan olahan atau makanan dalam kemasan memiliki umur untuk daya simpan tertentu dan biasanya mengandung pengawet. Makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Agar BAB lancar, sebaiknya Anda perlu mengurangi mengonsumsi makanan olahan atau dalam kemasan tersebut.

4. Tetap beraktivitas dan berolahraga

Saat Anda mengalami kesulitan buang air besar, hindari duduk terlalu lama. Bergerak akan membantu usus terus bekerja sehingga membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk rajin berolahraga untuk meningkatkan aliran darah ke usus dan meningkatkan motilitas gastrointestinal sehingga terhindar dari sembelit.

5. Memijat perut

Untuk memperlancar BAB, Anda juga bisa melakukan cara mudah lain yaitu memijat perut. Pijat dengan lembut pada perut ketika sedang bersantai atau dalam keadaan perut yang tidak penuh. Cara tersebut akan membuat kondisi perut Anda rileks dan tenang sehingga mampu mencerna makanan dengan baik.

6. Menarik napas panjang

Pada saat Anda kesulitan buang air besar, cobalah menarik napas panjang. Manarik napas panjang bertujuan untuk meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan. Saat benapas, sistem saraf akan tenang dan mampu memperlancar proses pencernaan.

Itulah cara memperlancar buang air besar. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa makanan yang bisa memperlancar pencernaan. Makan tersebut bisa Anda lihat di sini. Ketahuilah bahwa, buang air besar itu harus dilakukan satu kali dalam sehari agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan baik. (NR)