8 Jenis Sakit Perut dan Cara Mengatasinya

by

sakit perutCiriCara.com – Anda pernah mengalami sakit perut? Masalah perut merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang paling sering dialami oleh banyak orang. Apapun penyebabnya, terkadang sakit yang rasa sangat membuat seseorang merasa tidak nyaman sehingga mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Namun ketahuilah bahwa masalah perut itu bermacam-macam dan berbeda-beda juga penyebabnya. Seseorang bisa saja mengalami sakit perut akibat telat makan, terlalu banyak makan pedas, dan lain sebagainya. Apapun penyebab sakit perut itu, pastinya sangat mengganggu seeorang.

Dilansir dari Boldsky.com, berikut 8 jenis sakit perut dan cara mengatasinya:

1. Diare

Diare biasanya terjadi jika Anda mengonsumsi makanan yang mentah atau tidak higenis. Hal tersebut bsia membuat perut Anda memberikan jalan yang terlalu mudah fese untuk keluar. Diare tentunya sangat mengganggu sekali aktivitas Anda karena dalam satu hari bisa saja berkali-kali ke kamar mandi. Untuk mengatasinya, Anda bisa meminum oralit atau air yang dicampur garam dan gula.

2. Sembelit

Semeblit bisa saja Anda alami jika mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak protein dan karbohidrat, namun memiliki sedikit serat. Hal tersebut tentunya bisa membuat feses jadi sulit untuk dikeluarkan selama berhari-hari. Untuk mengatasinya, Anda bisa meminum susu dan buah pepaya.

3. Cacingan

Terkadang, cacing bisa masuk ke perut seseorang dari makanan yang tidak higenis atau terinfeksi. Cacing bisa menyebabkan sakit perut dan dubur menjadi gatal. Untuk mengobatinya, Anda bisa meminum obat cacing.

mulas

4. Kembung

Gas yang ada dalam perut merupakan udara berat yang diproduksi saat mencerna makanan berserat berat, seperti kubis. Perut akan terasa seperti ditarik dan mungkin membuat jantung Anda terasa terbakar akibat gas. Untuk mengatasinya, Anda bisa berlatih pavanmuktasana, sebuah gaya yoga yang akan membuat Anda kentut atau perbanyaklah minum air putih untuk mencairkan gas.

5. Asam lambung

Naiknya asam lambung dari perut menuju kerongkongan akan menyebabkan rasa nyeri di dada yang sangat membuat tidak nyaman. Penyebabnya adalah mengonsumsi makanan yang kadar keasamannya tinggi dan bisa memicu meningkatnya produksi lambung di perut. Cara tepat untuk mengalahkan refluks asam adalah susu dingin.

6. Ulkus lambung

Waktu makan yang tidak teratur, enzim asam akan mengikis lapisan perut. Hal tersebut bisa membuat perut terasa sakit parah dan terbakar. Cara mengatasinya adalah dengan obat-obatan yang bisa menontrol tukak lambung. Namun hal ini bisa kambuh lagi jika Anda tak mengatur makan dengan baik. Untuk itu, makanlah setiap 2 jam sekali dalam porsi kecil.

7. Sindrom iritasi usus besar

Jika memiliki gangguan pencernaan kronis dan sakit perut, maka bisa jadi Anda memiliki sindrom iritasi usus besar. Daya pencernaan akibat masalah perut itu mungkin akan berkurang secara signifikan. Karena penyakit ini tidak bisa diembuhkan, Anda harus benar-benar waspada dengan apa yang dimakan.

8. Intoleransi latoksa

Beberapa manusia dewasa tidak memiliki enzim untuk mencerna susu yang disebut laktoasa. Jika mereka mengonsumsi susu atau produk turunan susu akan menyebabkan gangguan pencernaan. Agar tak terjadi seperti itu, salah satu caranya adalah menghindari susu dan turunannya.

Itulah 8 jenis sakit perut dan cara mengatasinya. Untuk menjaga kesehatab perut, sangatlah penting menghindari makanan-manakan tertentu. Selain itu, perbanyaklah makan-makanan berserat agar sistem pencernaan Anda selalu normal dan dijauhkan dari berbagai permasalahan perut. (NR)


comments powered by Disqus