CiriCara: Cara Tepat Memotong Kuku Bayi

by
May 6th, 2013 at 1:46 pm

memotong kuku bayiCiriCara.comBayi yang baru lahir biasanya memiliki kuku yang panjang. Walaupun terlihat lunak, namun kuku si bayi bisa melukai wajahnya. Tak sedikit bayi yang tegores wajahnya akibat kuku panjang yang dimilikinya itu. Untuk itu, potonglah kuku bayi Anda yang sudah berumur lebih dari 3 minggu jika tak ingin hal itu terjadi.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan selalu kukunya mengingat pertumbuhan kuku sangat cepat. Kuku bayi yang sudah panjang sebaiknya harus Anda potong. Namun, untuk memotong kuku bayi butuh keberanian dan kesabaran tersendiri. Mengapa?

Si bayi tentunya sering bergerak-gerak kemanapun yang dia mau. Selain itu, Anda juga tak tega memotong kuku bayi yang mungil itu. Tapi jangan khawatir, ada cara yang aman memotong kuku bayi agar tak melukai tangannya. Bagaimana? Berikut cara tepat memotong kuku bayi:

1. Mempersiapkan gunting kuku bayi

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan peralatan yaitu gunting kuku bayi. Pastikan Anda menggunakan gunting kuku khusus bayi, buka gunting kuku untuk orang dewasa. Saat ini gunting kuku bayi sudah bisa Anda temukan di toko perlengkapan bayi. Selain itu, siapkan juga perlatan manikur, seperti alat gosok khusus. Cara ini bisa Anda lakukan untuk memperhalus kuku.

2. Pilih waktu yang tepat

kuku bayi

Waktu yang tepat menggunting kuku bayi adalah setelah dirinya mandi. Kuku bayi yang terkena air akan cenderung lebih lunak sehingga mudah untuk digunting. Jika akan menggunting kuku di luar waktu mandi, maka Anda bisa mencelupkannya dengan air hangat dahulu sebelum memotongnya. Selain itu, Anda juga disarankan memotong kuku bayi pada saat dirinya sedang tidur agar memudahkan Anda saat memotongnya.

3. Memotong di tempat yang terang

Pastikan Anda memotong kukh bayi di tempat yang terang. Pencahayaan yang terang Anda jadi bisa melihat jelas kuku bayi yang akan dipotong. Untuk mencegah kulit kuku terluka, bagian bawah jari bisa ditekan sebeleum Anda memotong kukunya. Sisakan sedikit kuku si bayi. Jika terlalu dalam memotongnya, maka dikhawatirkan akan terkena infeksi.

4. Lakukan secara menyenangkan

Ketahuilah bahwa bayi atau anak cenderung sangat peka terhadap suasana di sekitarnya. Jika stres atau memiliki kekhawatiran sendiri pada saat menggunting kuku si anak, maka akan bisa degan mudah terbaca olehnya dan membuatnya menjadi gelisah. Untuk itu, pada saat memotong kuku bayi sebaiknya Anda melakukannya dengan cara yang menyenangkan. Misalnya, mengajak si kecil berbicara atau bernyanyi.

5. Menyiapkan obat antiseptik

Untuk berjaga-jaga, tak ada salahnya Anda menyiapkan obat antiseptik khusus untuk bayi atau anak-anak. Obat tersebut tidak akan berbahaya jika tanpa disengaja terhisap atau tertelan olehnya. Obat antiseptik tersebut bisa Anda berikan jika kuku secara tidak sengaja terluka. Tekan luka untuk mengehntikan pendarahan, bersihkan dengan air hangat lalu berikan obat antispetik.

Itulah cara tepat memotong kuku bayi. Untuk menggunting kuku tangan, sebaiknya dilakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk jari kaki bisa dilakukan satu kali dalam seminggu. Dengan begitu, kuku si bayi akan terlihat bersih dan sehat . (NR)

Comment di sini