4 Hal yang Harus Dimiliki Freelancer

by
May 7th, 2013 at 9:13 am

freelancerCiriCara.com – Menjadi freelancer merupakan salah satu pilihan orang yang tak ingin bekerja datang ke kantor namun tetap mendapatkan uang. Dengan menjadi freelancer, mereka bisa bebas mengatur jam kerja atau menentukan sendiri penghasilan yang bisa didapat.

Hingga saat ini, nampaknya menjadi freelancer masih diminati beberapa orang. Mengapa? Karena ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari freelancer, antara lain bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. menentukan cara kerjanya sendiri, dan menentukan arah serta masa depannya sendiri.

Bagi Anda yang ingin memulai karier sebagai seorang freelancer, ada beberapa hal yang haryus dimiliki. Apa saja? Dilansir Female.Kompas.com dari Majalah Chic, berikut 4 hal yang harus dimiliki freelancer:

1. Memiliki peralatan kerja sendiri

Beberapa keuntungan bisa didapat jika perusahaan memakai jasa freelancer dibanding mencari karyawan tetap. Misalnya, perusahaan tak memberi tunjangan, peralatan kerja, dan freelancer dianggap mandiri dan kompeten. Oleh karena itu, freelancer diharuskan untuk memiliki peralatan kerja sendiri yang kira-kira sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan.

2. Memiliki mental yang kuat

pekerja lepas

Ketahuilah bahwa klien pemberi kerja memiliki sikap dan sifat yang berbeda-beda. Ada yang baik, cerewet, pelit, bahkan adapula yang senang memberikan deadline mendadak. Untuk menghadapi klien-klien tersebut, alangkah baiknya Anda harus memiliki mental yang kuat. Perkataan mereka yang sebaiknya jangan terlalu diambil hati dan Anda harus mengerjakannya sesuai dengan keinginannya. Namun, cermati juga isi kontraknya jangan sampai Anda tidak dibayar padahal sudah bekerja keras.

3. Memiliki setidaknya dua rekening

Pembayaran untuk pekerja freelance sangat bervariasi. Para pekerja freelancer bisa dibayar dengan sistem, harian, mingguan, atau bulanan dan semua itu tergantung kesepakatan antara kedua belah pihak, freelancer dan klien. Bahkan, ada beberapa pekerjaan freelance yang dibayar setelah pekerjaan itu selesai. Misalnya, para freelancer di bidang jurnalistik.

Oleh karena itu, Anda yang ingin menjadi seorang freelancer harus memiliki rekening terpisah atau setidaknya memiliki dua rekening. Pastikan semua pembayaran proyek atau hasil kerja freelance masuk ke akun bisnis. Bayar semua tagihan atau pengeluaran, lalu sisihkan uang untuk ditabung dan masukkan ke rekening pribadi.

4. Mengikuti asuransi kesehatan

Menjadi freelancer tak sama dengan pegawai tetap. Anda tidak mendapatkan jaminan kesehatan dari perusahaan. Untuk itu, Anda harus menyiapkan dana cadangan untuk mengikuti asuransi kesehatan. Walau saat ini kondisi tubuh masih segar, namun gangguan kesehatan bisa saja datang. Jika ingin sekaligus berinvestasi, maka Anda bisa memilih asuransi dengan besar premi yang disesuaikan dengan kemampuan. Selain itu, cerdaslah juga dalam memilih asuransi kesehatan.

Itulah 4 hal yang harus dimiliki freelancer. Jika Anda seseorang yang memutuskan bekerja di rumahg dan bukan tipe orang yang ingin bekerja di kantor, maka harus pintar-pintar mencari peluang pekerjaan freelance. Beberapa pekerjaan freelance yang bisa Anda geluti, seperti di bidang musik, menjadi jurnalis, penulis skenario, photographer, penerjemah, dan lain sebagainya. (NR)

Comment di sini