CiriCara: 12 Cara Alami Mencegah Penyakit Kanker

by
May 7th, 2013 at 11:49 am

mencegah kankerCiriCara.comKanker merupakan salah satu penyakit yang menakutkan bagi sebagian orang. Penyakit ini menimbulkan kemampuan sel untuk tumbuh tidak terkendali, menyerang jaringan biologis di dekatnya, dan berimigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik.

Di luar faktor keturunan, lingkungan, dan pemanfaatan pelayanan kesehatan seseorang juga bisa menderita penyakit kanker jika memiliki perilaku hidup yang tidak benar. Ketahuilah bahwa 80-90% dari berbagai penyakit kanker berkaitan dengan makanan yang sehari-hari dikonsumsi.

Untuk itu, muali saat ini Anda harus memulai hidup sehat agar dijauhkan dari beberapa jenis penyakit kanker. Pola hidup sehat seperti apa yang harus dijalankan? Dilansir dari Boldsky.com, inilah cara alami mencegah penyakit kanker:

1. Berhenti merokok

Mungkin Anda yang merokok tahu bahwa merokok bisa derdampak  buruk bagi kesehatan. Dampak buruk tersebut, antara lain menyebabkan impotensi dan kanker. Rokok bisa menyebabkan kanker lantaran semua bagian tubuh teracuni. Kanker pada perokok bisa menjangkit paru-paru, tenggorokan, dan mulut. Jika tak ingin terkena berbagai jenis kanker, maka jauhi rokok mulai saat ini.

2. Mengurangi asupan gula

Ketahuilah bahwa setiap orang memiliki sel kanker di dalam tubuhnya. Sel-sel kanker tersebut memerlukan gula untuk tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi asupan yang manis-manis dan juga bertepung, seperti kentang, nasi, dan gula.

3. Membatasi mengonsumsi minuman beralkohol

Penyalahgunaan kanker bisa meningkatkan risiko terkena kanker, khususnya pada kaum Hawa. Wanita yang sering meminum minuman beralkohol lebih rentan terkena kanker payudara. Jika tak ingin terkena penyakit tersebut, batasilah mengonsumsi minuman beralkohol atau lebih baik menghindarinya.

sayur dan buah-buahan

4. Mengurangi mengonsumsi daging merah

Anda terlalu sering mengosumsi daging merah? Sebaiknya batasi mengosumsi makanan tersebut. Ketahuilah bahwa daging merah bisa memicu kanker usus karena mengandung lemak jenih dan kolesterol jahat.

5. Mengonsumsi sayuran hijau organik

Mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau organik sangat baik untuk kesehatan Anda. Sayuran hijau yang bebas pestisida akan membantu Anda melawan kanker. Untuk itu, berhentilah mengonsumsi makanan yang mehgandung pengawet dan junk food. Mulai beralihlah makanan yang sehat demi kesehatan tubuh.

6. Makan paprika

Paprika merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi pasien yang terkena kanker. Paprika merah dan kuning kaya akan lykopene yang bisa membantu Anda mencegah kanker. Paprika bisa Anda campurkan dengan jenis sayuran hijau lainnya sehingga menjadi lebih nikmat dikonsumsi.

7. Aktif bergerak

Bergerak dan berolahragalah demi mendapatkan tubuh yang sehat. Berkeringatlah karena membantu menghilangkan racun dalam tubuh. Anda tak perlu melakukan olahraga berat setiap harinya, berjalan cepat atau jogging seminggu 3 kali juga bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat dan dijauhkan dari penyakit kanker.

teh hijau

8. Perbanyak meminum air putih

Air merupakan salah satu oibat terbaik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Jika tak memiliki masalah dengan ginjal, maka perbanyaklah meminum air putih setiap harinya. Air putih bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

9. Makan bawang putih

Meski memiliki bau yang tajam, tapi bawang putih merupakan salah satu bumbu masakan yang paling sehat. Bawang putih memiliki kandungan untuk melawan kanker dan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh.

10. Makan ikan

Daripada Anda mengonsumsi daging, lebih baik pilihlah ikan. Ikan memiliki banyak kandungan asam lemak omega-3 yang berperan sebagai pelindung dari pertumbuhan sel kanker. Namun, jangan memasaknya terllau garing ataua matang jika digoreng atau dibakjar karena nutrisi yang ada di dalamnya bisa hilang.

11. Meminum teh hijau

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau secara teratur bisa memangkas risiko kanker. Teh hijau memiliki kjandungan antioksidan yang bisa melawan kankefr. Pada saat meminumnya, pastikan Anda tidak menambahkan gula atau susu ke dalamnya.

12. Memakai masker atau penutup mulut

Polusi udara bisa membahayakan kesehatan Anda. Untuk itu, pakailah masker jika Anda berpergian ke luar rumah untuk menutupi hidung dan mulut agar racun tak bisa masuk leluasa ke dalam tubuh.

Itulah 12 cara alami mencegah penyakit kanker. Bagaimanapun juga mencegah lebih baik daripada mengobati. Untuk itu, mulai saat ini mulailah Anda menerapkan hidup sehat agar dijauhkan dari berbagai penyakit, seperti kanker. (NR)

Comment di sini