CiriCara: 5 Cara Berhemat Saat Berlibur

by
May 7th, 2013 at 4:11 pm

liburan hematCiriCara.com – Beberapa orang mungkin akan menunda liburannya karena tidak memiliki uang yang banyak atau takut menghabiskan uang terlalu banyak. Padahal berlibur bisa saja tak mengeluarkan banyak uang jika Anda mengetahui triknya.

Pergi liburan tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang. Anda tetap bisa pergi berlibur bersama teman atau keluarga, bahkan sendiri walapun memiliki uang yang terbatas. Bagaimana caranya?

Dilansir dari Wolipop.com, berikut 5 cara berhemat saat berlibur:

1. Teliti saat berkemas

Pada saat Anda berkemas, bawalah barang yang memang sangat dibutuhkan saja. Misalnya, peralatan mandi, obat-obatan, dan lain sebagainya. Pastikan Anda membawa semua barang-barang yang sangat dibutuhkan itu. Jika lupa, maka Anda akan menghabiskan uang lebih banyak untuk membelinya di tempat liburan.

2. Tak harus menggunakan pesawat terbang

Pada saat ingin berlibur ke luar kota, Anda tak harus menggunakan pesawat. Masih ada alternatif alat transportasi lain yang bisa Anda pakai, seperti kereta, bus, atau mungkin kapal. Jika alat transportasi itu lebih murah, maka tak ada salahnya Anda menggunakannya agar pengeluaran lebih irit. Selain itu, ketika tiba di tempat tujuan Anda juga bisa menggunakan alat transportasi umum, seperti delman, becak, dan lain sebagainya.

naik delman

3. Cerdas memilih tempat makan saat berlibur

Untuk medapatkan liburan hemat, sebaiknya Anda cerdas dalam memilih tempat makan dan makanan. Makanan di restoran yang mahal boleh-boleh saja. Tapi biasanya, makanan tradisional atau khas para penduduk lokal biasanya lebih mudah ditemukan di pinggir jalan. Dengan menemukan makanan din pinggir jalan, tentunya bisa membuat Anda menjadi lebih hemat.

4. Cerdas memilih tempat penginapan

Saat melakukan riset di internet, Anda perlu memperhatikan tanggal review dan cari tahu lebih dalam mengenai informasi tempat penginapan tersebut. Pastikan Anda mendapatkan beberapa fasilitas, tempat yang nyaman, dan murah. Jika ingin menginap tanpa membayar, maka Anda bisa menginap di rumah teman atau keluarga yang tinggal di kota atau negara itu.

5. Cerdas membeli oleh-oleh

Oleh-oleh nampaknya merupakan hal yang wajib dibawa saat seseorang pulang dari liburan. Untuk memilih oleh-oleh, sebaiknya pilh yang berguna saja dan cari harga yang tidak terlalu mahal. Anda bisa membelikan gantungan kunci atau benda-benda berguna lainnya. Jika membeli banyak barang-barang tersebut, maka biasanya Anda akan mendapatkan potongan harga.

Itulah cara cerdas berhemat saat berlibur. Selain itu, janga juga menggunakan kartu kredit pada saat berlibur karena akan membuat Anda menyesal nantinya. Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, tentunya liburan Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak, namun tetap menyenangkan. (NR)

Comment di sini