CiriCara: 6 Cara Hemat Menggunakan AC

by
May 7th, 2013 at 3:23 pm

hemat dalam penggunaan ACCiriCara.com – Nampaknya, sejumlah warga perkotaan setiap harinya tidak lepas dari pernggunaan AC (Air Conditioner). Bukan hanya pada siang hari saja, tapi AC di rumah ataupun di kantor bisa saja menyala hingga 24 jam.

AC merupakan pengonsumsi listrik yang sangat besar hingga mencapai 50% dari rata-rata konsumsi listrik di rumah. Bahkan, di kantor angka tersebut naik menjadi 70%. Bahan freon yang digunakan penyejuk ruangan juga seringkali kurang ramah lingkungan.

Bagi Anda yang hari-harinya terbiasa menggunakan AC, alangkah baiknmya agar bijak menggunakannya. Selain itu, masih ada hal lain yang perlu Anda perhatikan agar penggunaanya menjadi lebih hemat. Dilansir dari beberapa sumber, berikut cara hemat menggunakan AC:

1. Pilih AC yang hemat energi

Penyejuk ruangan harus mampu menyejukkan ruangan secara cepat. Biasanya AC yang memiliki ukuran evaporator pendingin dan kipas yang lebih besar akan lebih cepat mendinginkan ruangan secara alami dan seimbang. Untuk itu, pilihlah AC yang hemat energi.

2. Pilih freon yang ramah lingkungan

Freon merupakan bahan cair yang menghasilkan dingin dalam AC-nya. Banyak sekali AC yang memiliki freon tidak ramah lingkungan. Namun, Anda harus memilih AC ramah lingkungan, seperti freon hidrokarbon. Dengan begitu, pengeluaran untuk biaya listrik menjadi lebih hemat.

ac hemat energi

3. Menentukan kapasitas AC yang tepat

Beberapa konsumen mungkin akan membeli AC dengan kapasitas (PK) yang lebih besar dari kebutuhannya. Hal tersebut tentunya tidak efisien dan boros energi sehingga tagihan nlistrik akan melonjak. Untuk itu, Anda harus pintar menentukan kapasitas AC. Pilih kapasitas AC dengan acuan kapasitas berkisar antara 600 BTU/jam/m2.

4. Pakai sesuai kebutuhan

AC tidak perlu dipakai sepanjang Anda tidur. Alangkah baiknya menyalakan AC seperempat jam sebelum saat tidur dan timer-nya diatur selama 1-2 jam mati otomatis. Jika AC sudah mati, maka ruangan biasanya aakn tetap dingin selama beberapa jam kemudian. Pada siang hari, usahakan matikan AC jika ditinggalkan dalam waktu lama.

5. Usahakan AC dipakai untuk ruangan yang tertutup

Gunakanlah penutup pada bagian ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Usahakan pintu, jendela, dan ventilasi udara selalu tertutup saat AC menyala. Selain itu, gunakan juga lampu ruangan yang memiliki temperatur kerja rendah.

6. Membersihkan AC setiap 3 bulan sekali

Dengan memelihara AC secara rutin, Anda mampu menghemat listrik hingga 20%. Energi yang dikonsumsi peralatan pendingin akan lebih rendah 10% pada kondesor yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Terganggunya sirkulasi udara karena debu yang menumpuk sehingga menyebabkan kondensor mengonsumsi lebih banyak listrik.

Itulah cara hemat dalam penggunaan AC. Jangan memakai AC yang sudah berumur tua, lebih dari 10 tahun. AC yang sudah berumur tua itu pemakaian energinya lebih besar 30-50% dibandingkan dengan AC baru. Bagaimana, maukah Anda menghemat energi mulai saat ini?

(NR)

Comment di sini