Kepala Dipukul Pemain, Wasit Sepak Bola Tewas

by
May 7th, 2013 at 3:01 pm

refSalt Lake City (CiriCara.com) – Seorang pemain sepak bola memukul wasit hingga meninggal setelah sempat koma selama seminggu.

Ricardo Portillo, 46, wasit yang naas tersebut meninggal pada Sabtu (4/5). Sejumlah rekan dan keluarganya berkumpul pada Minggu (5/5) malam untuk mendoakan Ricky, nama panggilan Ricardo.

“Dia adalah ayah, teman, kakek, dia meninggalkan seluruh keluarga,” kata Johana Portillo, anak perempuan tertua Ricky.

“Mereka seharusnya berpikir sebelum melakukan sesuatu yang bodoh,” tambahnya.

Tersangka pemukul Ricky, seorang pemain sepak bola amatir yang masih berusia 17 tahun langsung ditahan setelah insiden pemukulan terjadi. Karena Ricky telah meninggal, kemungkinan besar tersangka akan didakwa dengan pasar berlapis.

Menurut Associated Press, tersangka memukul kepala Ricky karena tidak terima dianggap melakukan pelanggaran dan mendapatkan kartu kuning.

“Aku turut menyesal untuknya. Aku menyesal untuk keluarganya,” kata Johana.

“Namun bila ia sudah cukup dewasa untuk melakukan apa yang ia perbuat, maka ia bertanggungjawab untuk membayarnya.”

Sebelumnya para putri Ricky sudah membujuknya untuk berhenti menjadi wasit pertandingan sepak bola, tetapi permohonan itu tidak digubris karena olahraga ini telah mendarah daging.

Menurut para saksi, insiden berawal ketika Ricky memberi kartu kuning kepada pemain muda yang berposisi sebagai kiper dalam suatu  pertandingan di SMA Eisenhower karena mendorong pemain lawan yang berusaha mencetak gol.

Dalam pertandingan sepak bola, kartu kuning berarti peringatan kepada pemain yang melakukan pelanggaran keras. Apabila mendapatkan dua kartu kuning, maka pemain harus keluar dari lapangan pertandingan.

Karena tak terima, remaja yang berbadan lebih besar dari Ricky memukul wajah yang fasih berbahasa Spanyol tersebut. Awalnya Ricky tampak baik-baik saja, namun kemudian ia meminta digotong karena merasa pusing. Lalu ia duduk dan mulai muntah darah.

Ketika polisi dan petugas medis tiba, tersangka sudah melarikan diri sementara Ricky terbaring di tanah. Kepada petugas medis, ia mengaku wajah dan kepala bagian belakangnya terasa sakit dan ia merasa mula.

Saat dibawa ke Intermountain Medical Center, kondisinya dianggap stabil, tetapi ketika tiba ia langsung koma karena ada pembengkakan di otaknya.

(hp)

Associated Press

Baca juga: Tawuran, 36 Pemain Mendapat Kartu Merah Sekaligus

Comment di sini