CiriCara: Cara Mencegah Tubuh Bungkuk Saat Bekerja

by
May 10th, 2013 at 10:32 am

CiriCara.com – Beberapa pekerja kantoran, mungkin waktu dalam satu harinya hanya dihabiskan untuk duduk di depan komputer atau laptop. Demi untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan tuntas, mereka mungkin hanya berdiri atau berjalan-jalan sekali atau dua kali saja dalam sehari.

duduk depan komputer

Visualbuzzer

Bagi Anda yang bekerja di kantoran yang selalu meghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer sebaiknya sering-seringlah menggerakkan badan demi kesehatan diri sendiri. Selain itu, perhatikan juga cara duduk atau posisi penting lainnya saat bekerja agar postur tubuh tidak menjadi bungkuk.

Dilansir dari Health.Detik.com, American Osteopathic Association (AOA) dalam survei menunjukkan bahwa dalam 30 hari terakhir sekitar 62% responden merasakan nyeri punggung bawah, 53% di leher, 38% di bahu, 33% di pergelangan tangan, dan 31% di punggung bagian atas. Beberapa responden mengatakan bahwa nyeri merupakan bagian rutin dari pekerjaan mereka.

Akan tetapi, hal tersebut bisa saja tidak dirasakan oleh para pekerja jika mereka memperhatikan posisi tubuh yang benar saat bekerja. Salah dalam posisi duduk saat bekerja bisa membuat postur tubuh menjadi bungkuk. Maukah hal tersebut Anda alami? Jika tidak, maka sebaiknya simak cara mencegah tubuh bungkuk saat bekerja:

1. Posisi layar monitor sejajar dengan mata

Untuk mencegah tubuh bungkuk, sebaiknya Anda memposisikan layar monitor sejajar dengan tinggi lurus mata. Dengan tinggi yang sesuai, kepala akan tetap tegak dan Anda hanya perlu menggerakkan mata untuk ke seluruh bagian layar. Ketahuilah posisi lepala yang tegak akan membantu leher, bahu, dan tulang punggung untuk tetap tegak dan menghindari nyeri.

2. Jarak mata dengan monitor sekitar 45 cm

Alangkah baiknya untuk tidak terlalu dekat melihat layar monitor karena bisa memperngaruhi kesehatan mata. Jarak mata ke layar komputer yang ideal adalah 45 cm. Jarak tersebut membuat posisi kepala dan leher Anda tetap tegak.

Ist

Ist

3. Posisi pinggul sejajar dengan tulang punggung

Anda disarankan untuk membiasakan diri duduk dengan posisi pinggul yang sejajar dengan tulang punggung. Jangan terlalu sering membungkukkan tubuh karena akan menyebabkan risiko nyeri dan tubuh menjadi tidak rileks.

4. Memanfaatkan sandaran kursi dengan tepat

Tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan sandaran kursi untuk berisitirahat selama sandarannya memiliki postur yang menyesuaikan bentuk tulang punggung. Dengan bersandar di kursi yang memiliki postur sesuai, tentunya Anda akan tetap bisa bersandar dengan posisi tulang punggung tetap tersanggah.

5. Memposisikan tangan senyaman mungkin

Pada saat bekerja, jaga posisi siku untuk tetap berada di bagian samping tubuh dan membentuk sudut siku-siku dengan lengan bawah. Selain itu, posisikan keyboard senyaman mungkin agar tak terlalu banyak menggerakkan siku pada saat bekerja. Posisi tangan seperti itu tentunya membuat Anda nyaman dan mencegah postur tubuh bungkuk.

6. Kedua telapak kaki menyentuh lantai

Pada saat bekerja sebaiknya kedua telapak kaki menapak sempurna di lantai. Jangan duduk bersila atau satu kaki saja yang menapak di lantai. Kebiasaan duduk seperti itu akan membuat Anda cepat bungkuk.

Itulah cara mencegah tubuh bungkuk saat bekerja. Pekerja yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar monitor sangat disarankan untuk merenggangkan tubuh atau berdiri sebentar setiap 30 menit atau satu jam sekali. (NR)

Comment di sini