CiriCara: Cara Menjadi Ibu Tiri yang Disayang Anak

by
May 10th, 2013 at 2:24 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Ada yang beranggapan bahwa ibu tiri merupakan sosok yang kejam dan tak mempedulikan anak-anak dari suami saat ini. Walaupun tak semua ibu tiri seperti itu, namun pendapat itu sudah menjadi pemikiran beberapa orang, terlebih bagi anak-anak.

Menjadi seorang ibu tiri memang tidaklah mudah karena Anda akan berhadapan langsung dengan anak dari suami saat ini. Terkadang, anak-anak itu juga belum tentu menerima baik kehadiran Anda. Akan tetapi jangan pedulikan hal tersebut. Bagaimanapun juga Anda mencintai ayah dari anak-anak itu dan harus mencintai anak-anaknya juga.

Agar Anda tak dianggap sebagai ibu tiri yang kejam bagi anak-anak, alangkah baiknya untuk memperhatikan beberapa hal. Apa saja? Berikut cara menjadi ibu tiri yang disayang anak:

1. Memahami si anak

Cara pertama agar bisa disukai dan disayangi si anak adalah Anda harus bisa memahaminya. Walaupun mereka bukan anak kandung Anda, namun tetaplah bersikap baik dan pahamilah mereka. Ketahuilah bahwa anak-anak tidak memiliki pilihan ketika orangtuanya bercerai. Jadi, bukan anak-anak yang memilih Anda untuk menjadi ibu tiri mereka. Akan tetapi, Andalah yang memilih mereka dan ayahnya.

ibu tiri yang baik

Ist

2. Mencintainya layaknya anak kandung

Cara yang satu ini cukup sulit dilakukan jika si anak memang tidak bisa menerima kehadiran Anda. Akan tetapi, Anda perlu terus berusaha dan belajar mencintai mereka. Anda harus tetap mencintai mereka di saat sedang senang ataupun sedih. Dengan Anda benar-benar tulus mencintainya, si anak lama-kelamaan juga akan merasakan hal tersebut.

3. Jangan berharap si anak memanggil Anda “Mama”

Semua wanita memang berhak mendapat panggilan “Mama” dari anak yang telah dilahirkannya. Akan tetapi, bagi Anda yang menjadi ibu tiri sebaiknya jangan terlalu mengharapkan hal tersebut. Ketahuilah bahwa masih ada lain yang lebih penting dari itu yaitu bagaimana Anda membangun hubungan baik dengan si anak. Untuk itu, fokuslah pada hal tersebut walaupun agak sulit.

4. Selalu ada untuk mereka

Ketika mengetahui orangtuanya bercerai, tentunya itu bisa berdampak buruk pada anak. Terkadang, ada anak yang merasa sudah tidak dipedulikan lagi akibat petceraian kedua orangtuanya itu. Sebagai ibu tiri yang baik, hadiah terbaik yang bisa Anda berikan pada mereka adalah selalu ada untuknya. Terutama, pada saat ibu atau ayah kandungnya sedang tidak bersamanya. Dengan kehadiran Anda, mereka tentunya bisa menjadi sayang dan menghargai Anda.

5. Mejadi orangtua, bukan teman untuk mereka

Ibu tiri biasanya akan berusaha keras untuk bisa menyenangkan hati anak tirinya. Jika mereka sudah merasa senang, maka Anda perlu melakukan langkah selanjutnya yaitu menjadi orangtua yang baik untuknya. Ketahuilah bahwa anak-anak tak butuh ibu tiri untuk menjadi temannya. Melainkan, mereka butuh orangtua yang bisa mengajkarkan dan mengontrol sikapnya. Untuk itu, Anda harus bisa memberikan kasih sayang, petunjuk, dan mencintai mereka.

Itulah cara menjadi ibu tiri yang disayang anak. Jika sudah memutuskan untuk mencintai duda beranak, maka Anda juga harus siap mencintai anak-anaknya. Untuk itu, ciptakanlah hubungan yang baik dengan anak-anaknya agar diterima dan disayang oleh mereka. (NR)

Comment di sini