CiriCara: Cara Tepat Merenovasi Rumah

by
May 10th, 2013 at 3:22 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Sebagian besar orang yang sudah memiliki rumah sendiri tentunya ingin membuat tempat tinggalnya itu menjadi lebih nyaman dan indah. Apalagi jika sudah memiliki banyak anak, tentunya kamar yang disediakan rumah itu juga harus banyak dan harus memiliki ruang keluarga yang agak besar untuk membuat nyaman anggota keluarga.

Jika tak ingin membeli rumah yang baru, maka biasanya mereka akan merenovasi rumahnya saat ini. Merenovasi rumah memang membutuhkan biaya yang besar. Akan tetapi demi kenyamanan anggota keluarga lainnya, hal tersebut tak menjadi masalah.

Selain membutuhkan biaya yang  besar, Anda juga disarankan untuk memiliki rencana yang matang untuk merenovasi rumah. Untuk mendapatkan kenyamanan anggota keluarga, ada beberapa cara yang perlu Abnda lakukan sebelum merenovasi rumah. Apa saja? Berikut cara tepat merenovasi rumah:

1. Menentukan tema

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah menentuka tema. Anda perlu menentukan bagian rumah mana saja yang ingin diperbaiki dan bagaimana desainnya. Dengan mengetahui hal tersebut tentunya Anda jadi mengetahui apa yang Anda inginkan dan proses renovasi rumah akan berjalan cepat dan lancar.

Ist

Ist

2. Mencari referensi

Jika sudah menentukan tema yang tepat dan bagian rumah mana yang akan direnovasi, maka Anda perlu mencari referensi. Tujuannya adalah agar Anda bisa menentukan desain seperti apa yang membuat nyaman anggota keluarga. Untuk mencari referensi, Anda bisa mendapatkannya dari internet, majalah, atau menemui desainer interior rumah.

3. Menyiapkan anggaran

Anggaran yang dikeluarkan nantinya harus sesuai dengan ide renovasi yang Anda tetapkan. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan anggaran tambahan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk menentukan berapa jumlah anggaran yang dikeluarkan sebaiknya dilakukan pasa saat menentukan tema rumah.

4. Membuat daftar barang yang akan dibeli

Ketika anggaran sudah ditentukan, sebaiknya Anda catat juga barang-barang yang ingin dibeli untuk meningkatkan fungsi dan penampilan rumah maupun untuk mengganti yang sudah rusak. Jangan sampai Anda membeli material atau barang yang tidak diperlukan. Selain itu, Anda juga bisa memakai material lama yang masih bagus untuk dipakai kembali, seperti jendela atau pintu.

5. Mencari tukang bangunan yang tepat

Untuk merenovasi rumah, carilah tukan bangunan yang berpengalaman. Mintalah referensi dari beberapa teman Anda. Agar hasil rumah sesuai dengan keinginan Anda, bawalah foto di majalah atau tabloid untuk memberikan desain yang disukai. Buat juga daftar yang harus Anda miliki lengkap dengan anggarannya. Selain itu, Anda juga perlu mengawasinya agar kerja mereka baik dan benar.

6. Pilih waktu yang tepat

Merenovasi rumah sebaiknya jangan dilakukan pada saat musim hujan karena bisa menyulitkan tukan yang mengerjakan. Selain itu, untuk bagian yang berada di luar yang sedang direnovasi menjadi sulit kering dan malah bisa menjadi rusak. Untuk itu. pilihlah pada saat musim panas saja.

Itulah cara tepat merenovasi rumah. Perhatikan beberapa hal tersebut agar pengeluaran merenovasi rumah menjadi lebih hemat dan hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan. (NR)

Comment di sini