CiriCara: Cara Agar Tidak Boros Saat Liburan

by
May 13th, 2013 at 1:32 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Usai liburan mungkin  beberapa orang akan mengeluh karena uangnya habis. Andakah termasuk salah satunya? Mengeluh kehabisan uang usai berlibur dikarenakan Anda tidak pintar mengatur keuangan. Pada saat liburan ke luar kota atau negeri memang membuat sebagian orang jadi lebih boros.

Padahal, ada cara agar Anda bisa mendapatkan liburan hemat. Jika Anda pintar mengatur keuangan, maka liburan jadi menyenangkan dan Anda pun tak akan kehabisan uang. Dilansir dari Wolipop.com, Aidil Akbar, seorang perencana keuangan mengatakan bahwa komponen terbesar dalam berlibur adalah transportasi dan akomodasi.

Untuk itu, dirinya memberikan tips untuk Anda agar tidak boros pada saat liburan:

1. Pesan tiket jauh-jauh hari

Anda harus memesan tiket jauh-jauh hari sebelum pergi liburan karena biasanya harganya akan lebih murah. Jika belum pasti tanggal dan waktunya, maka jangan beli yang non-refundable agar Anda tidak rugi. Jika beli yang non-refundable dan ada perubahan keberangakatan, maka jatuhnya harga tiketnya menjadi lebih mahal.

2. Jangan membeli tiket pada saat musim liburan

Biasanya pada saat musim liburan harga tiket menjadi mahal. Untuk itu, Anda perlu menyiasatinya agar bisa menghemat biaya transportasi. Selain transportasi yang mahal, pada saat musim liburan penginapan juga akan mahal. Untuk itu, cerdaslah dalam memilih waktu liburan.

3. Membawa pakaian secukupnya

Inyourpocket

Inyourpocket

Pada saat berlibur, bawalah pakaian secukupnya saja. Tujuannya adalah agar tidak memakan banyak biaya untuk bagasi. Selain itu, agar Anda juga tak membeli pakaian lagi di sana jika kekurangan. Untuk itu, pastikan Anda membawa pakaian yang cukup pada saat berlibur.

4. Memanfaatkan City Tour

memanfaatkan City Tour saat berkunjung ke suatu negara bisa menghemat anggaran liburan. City Tour akan membawa Anda ke semua tempat daerah wisata. Hanya dengan membayar satu kali saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan yang ada di negara tersebut.

5. Mengunjungi tempat wisata gratis

Cara lain agar Anda tidak boros pada saat berlibur adalah mengunjungi tempat wisata gratis. Jika jalan-jalan ke luar negeri, maka kunjungilah perpustakaan umum, museum, atau pantai. Di tempat wisata itu, Anda biasanya tak dikenakan biaya dan tetap bisa mengetahui kebudayaan serta keindahan alam negara tersebut.

6. Kuliner di pinggiran jalan

Agar liburan lebih hemat, Anda bisa makan di kaki lima atau pinggir jalan saja. Biasanya, makanan ciri khas negara dijual di kaki lima atau pinggir jalan dengan harga yang tidak begitu mahal. Anda tak perlu khawatir mengenai kebersihan dan kesehatan makanan karena warung kaki lima di luar negeri pun dikontrol oleh Dinas Kesehatan.

7. Tak usah membeli oleh-oleh

Membeli oleh-oleh memang menjadi hal yang wajib dilakukan pada saat seseorang sedang berlibur. Namun jangan melakukan aktivitas tersebut jika sedang pergi berlibur bersama keluarga. Jika terpaksa ingin membelinya, maka beli saja oleh-oleh yang memiliki harga murah namun bermanfaat.

Itulah cara agar tidak boros saat liburan. Dengan begitu, liburan Anda akan tetap menyenangkan dan masih memilki sisa uang untuk liburan selanjutnya. (NR)

Comment di sini