CiriCara: Cara Hemat dan Efektif Belanja Bulanan

by
May 13th, 2013 at 2:30 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Kewajiban seorang ibu rumah tangga selain mengurus anak biasanya adalah belanja bulanan. Setiap satu bulan sekali, biasanya si ibu akan mengunjungi pasar swalayan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Semakin hari nampaknya harga-harga produk atau barang-barang kebutuhan itu kian melonjak. Melonjaknya harga tersebut tentunya membuat si ibu jadi memutar otak agar tetap bisa memenuhi segala kebutuhan keluarganya.

Mengingat harga-harga barang yang semakin melonjak, sebaiknya Anda sebagai ibu rumah tangga harus pintar-pintar dalam berbelanja. Dilansir dari Vemale.com, berikut cara hemat dan efektif belanja bulanan:

1. Membuat daftar belanjaan

Hal penting yang harus Anda lakukan adalah membuat daftar belaanjaan. Letakkan daftar barang yang paling penting atau primer lalu kebutuhan sekunder. Jika memiliki anak, Anda perlu mengutamakan kebutuhan anak dahulu, seperti susu dan popok bayi. Tujuan membuat daftar belanjaan adalah agar Anda tidak membeli barang lain yang tidak dibutuhkan.

2. Bandingkan sebelum membeli

Sebelum memutuskan untuk membeli, jangan malu membandingkan komposisi, kualitas dan kuantitas barang. Tujunnya adalah agar Anda tidak tertipu oleh produk tertentu. Membandingkan hal tersebut sebelum membeli, bukankah masih menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi Anda?

Ist

Ist

3. Jangan mudah tergiur dengan diskon

Pada saat belanja, sebaiknya Anda jangan mudah tergiur dengan diskon. Hitung dengan teliti dan sesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda. Jika memang masih ada persediaan di rumah dan harga produk tersebut miring, maka tempatkan di list bagian terakhir. Tak ada salahnya Anda membeli barang diskon tersebut jika masih ada uang belanja yang tersisa.

4. Cerdas memilih ukuran produk

Anda harus cerdas memilih-milih barang mana yang dibeli secara grosir dan mana yang eceran. Sesuaikan dengan usia  pemakaian barang. Misalnya saja pelicin pakaian. Produk tersebut harus Anda beli secara grosiran mengingat keseharian kita memakai pakaian

5. Selalu membawa daftar belanjaan

Anda disarankan untuk selalu membawa catatan pada saat belanjaan. Degan begitu, Anda bisa memberi harga setiap barang yang telah dibeli. Cara ini cukup efektif Anda lakukan untuk menghindari kecurangan toko dan memperkirakan berapa banyak budget yang telah dikeluarkan.

Itulah cara hemat dan efektif belanja bulanan untuk si ibu. Jika menerapkan tips di atas pada saat belanja, maka keuangan rumah tangga pun jadi tertata dengan baik. (NR)

Comment di sini