Harga Baru, Bensin Rp 6.500 dan Solar Rp 5.500 per Liter

by
May 13th, 2013 at 3:51 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah digulirkan di masyarakat. Rencananya, harga bensin premium akan naik menjadi Rp. 6.500 per liter sedangkan solar Rp. 5.500 per liter.

Dilansir dari Detik.com, rencana kenaikan BBM ini dibenarkan oleh pihak Kementerian Perekonomian.

Kompas

Kompas

“Iya, premium (naiknya) Rp 2.000, solar (naiknya) Rp 1.000,” ungkap Menteri PPN/Kepala Bappenas, Armida Alishjabana saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin, 13 Mei 2013 kepada sumber berita.

Menurut Armida., kenaikan harga BBM subsidi ini akan dibahas dalam Sidang Kabinet Terbatas yang dipimpin sendiri oleh Presiden SBY dan akan diserahkan ke DPR RI dalam bentuk RAPBN Perubahan 2013.

Sementara itu, finalisasi pemerintah baru akan dibahas lagi di DPR. Salah satu bentuk finalisasi yang akan dibuat adalah kompensasi akibat kenaikan BBM bersubsidi kepada rakyat miskin dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang akan berubah menjadi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

“Berapa-berapanya besok ya, tapi intinya penguatan yang ada itu kan sudah bolak balik diceritain. PKH (program keluarga harapan), Raskin (beras miskin), BSM (beasiswa miskin), lalu program khususnya BLSM 5 bulan Rp 150 ribu, rumah tangga sasarannya 15,5 juta, kemudian infrastruktur pedesaan,” kata Armida lagi.

Sementara itu, kenaikan harga BBM bersubsidi ini targetnya akan dilakukan pada awal Juni 2013 saat pembahasan RAPBN-P 2013 telah disahkan oleh DPR. Sedangkan kenaikan harga kedua bahan bakar tersebut berbeda karena solar masih banyak digunakan oleh para nelayan. (RN)

Comment di sini