6 Cara Menghindarkan Anak dari Obesitas

by
May 14th, 2013 at 1:05 pm
Thinkstock

Thinkstock

CiriCara.com – Mungkin orangtua merasa senang jika si anak banyak makan. Namun, pastikan makanan yang diasupnya itu merupakan makanan yang sehat agar tidak menyebabkan obesitas pada anak.

Obesitas pada anak nampaknya dari tahun ke tahun terus meningkat. Di Indonesia, kasus obesitas pada anak meningkat 15-20 persen per tahun. Hal tersebut tentunya menjadi angka yang memprihatinkan mengingat masih banyak anak-anak lain yang kekurangan gizi.

Ketahuilah bahwa obesitas pada anak bisa berdampak pada kesehatannya di kemudian hari. Anak-anak yang mengalami obesitas bisa mengalami stroke, serangan jantung, dan diabetes. Untuk itu, sebagai orangtua Anda harus bisa mencegah obesitas pada anak. Bagaimana caranya?

Berikut 6 cara menghindarkan anak dari obesitas:

1. Memberi contoh pada anak

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah obesitas pada anak adalah memberikan contoh untuknya. Dalam kehidupan sehari-hari jangan hanya anak yang disuruh untuk hidup sehat, tapi Anda juga harus melakukannya. Jika Anda memberikan contoh yang baik pada anak, maka akan berpengaruh baik juga pada anak.

2. Mengajaknya berolahraga

Bukan hanya makanan yang sehat saja untuk mencegah anak obesitas, tapi masih ada hal lain yang perlu dilakukan. Misalnya mengajaknya berolahraga. Anda harus bisa mendorong anak agar dirinya mau hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga. Katakan padanya bahwa hidup sehat bukan hanya berfokus pada penurunan berat badan saja, tapi bisa mencegah berbagai penyakit.

Ist

Ist

3. Menyiapkan camilan sehat di rumah

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah menyiapkan camilan sehat di rumah. Jangan biasakan untuk menyediakan makanan ringan yang mengandung MSG karena bisa berdampak buruk pada kesehatannya. Buatlah camilan sendiri yang sehat untuk anak. Misalnya, roti gandum yang berisi sayuran, buah-buahan, salad, dan camilan sehat lainnya.

4. Pastikan anak makan sebelum berpergian

Jika si anak ingin berpergian, maka pastikan dahulu bahwa dirinya sudah makan di rumah. Memastikan anak sudah makan sebelum dirinya pergi mencegah agar tak mengonsumsi junk food atau mengonsumsi makanan tidak sehat di luar sana. Perlu Anda ingat bahwa junk food merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas.

5. Melarang anak makan sambil menonton TV

Jangan biarkan si anak makan sambil menonton televisi. Hal tersebut ternyata bisa membuat anak menjadi makan berlebihan atau mengalami obesitas dikarenakan kurang bergerak.

6. Jangan memberikan makanan sebagai hadiah

Jika si anak mendapatkan prestasi, maka biasanya orangtua akan memberikan hadiah. Namun, jangan memberikian makanan, seperti cokelat, junk food, atau makanan tidak sehat lainnya. Hal tersebut bisa membuat si anak ketagihan sehingga menyebabkan obesitas. Untuk itu, berikanlah hadiah yang berguna saja buat anak, seperti buku bacaan, peralatan sekolah, dan lain sebagainya.

Itulah cara menghindarkan anak dari obesitas. Sedini mungkin anak harus diajarkan kebiasaan baik dan sehat agar bisa tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, dan memiliki berat badan ideal. (NR)

Comment di sini