6 Larangan untuk Ibu Hamil

by
Shutterstock

Shutterstock

CiriCara.com – Setelah menikah, tentunya pasangan suami istri akan menunggu-nunggu kehamilan. Dengan kehadiran anak dalam sebuah hubungan pernikahan nampaknya kehidupan keluarga jadi lebih bahagia dan sempurna. Jika wanita sudah berhasil memiliki keturunan, maka dirinya bisa dikatakan sebagai wanita sempurna.

Pada saat hamil, seorang ibu harus bisa menjaga kesehatan dirinya dan bayi yang ada di kandungannya. Jika sebelumnya Anda wanita karier ataupun sebagai wanita yang banyak melakukan aktivitas, tentunya akan berbeda ketika sudah memiliki suami bahkan sedang hamil.

Ketahuilah bahwa saat hamil tidak semua kegiatan, makanan, dan minuman boleh dikonsumsi. Dilansir dari beberapa sumber, berikut 6 larangan untuk ibu hamil:

1. Terlalu banyak makan

Saat sedang hamil tentunya membutuhkan banyak nutrisi sehingga harus banyak mengonsumsi asupan makanan agar kebutuhan bayi dalam kandungan terpenuhi. Namun, jangan berlebihan karena Anda yang sedang hamil juga bisa mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas berisiko tinggi terhadap bayi terkena kadar rendah vitamin D. Ketahuilah bahwa berat badan ibu hamil selama kehamilan memiliki efek terhadap kesehatan bayi. Untuk itu, Anda disarankan agar memperhatikan asupan kalori dengan mengonsumsi 2000 KKal per hari.

2. Minum kopi

Mungkin saat masih single Anda sering meminum kopi. Namun, pada saat hamil sebaiknya Anda batasi mengonsumsinya. Kafein memiliki sifat sebagai simultan yang bisa meningkatkan denyut jantung, sedikit meningkatkan tekanan darah, membuat ibu hamil merasa gelisah, insomnia, dan merangsang sekresi asam lambung. Selain itu, dampak paling buruk akibat meminum kopi adalah keguguran. Jika ingin meminumnya, maka tak boleh lebih 1 atau 2 cangkir per hari.

Ist

Ist

3. Mandi air hangat

Mandi air hangat sebenarnya tidak bermasalah untuk ibu hamil asalkan memperhatikan suhunya. Jika suhu air terlalu tinggi, maka mandi air hangat ajan membahayakan si bayi dalam kandungan. Mandi air hangat dengan ssuhu air yang tinggi pada awal kehamilan juga bisa menyebabkan cacat lahir pada janin.

4. Olahraga berat

Olahraga juga penting dilakukan bagi ibu hamil. Namun, jangan melakukan olahraga yang berat-berat dan harus disesuaikan dengan kondisi Anda. Pilihlah olahraga yang ringan-ringan saja, seperti yoga, senam hamil, dan jalan santai pada saat pagi atau sore hari.

5. Mewarnai rambut

Anda ingin terlihat lebih modis pada saat hamil dengan mewarnai rambut? Sebaiknya, tak usah macam-macam pada saat sedang hamil. Sebuah studi pada tahun 2005 yang dilakukan oleh National of Health menunjukkan bahwa mewarnai rambut atau menyemir rambut bisa meningkatkan risiko neuroblastoma, yaitu salah satu jenis kanker pada anak. Selain itu, American Pregnancy Association juga berpendapat bahwa pewarna yang bersentuhan dengan kulit ibu bisa diserap oleh tubuh dan masuk ke dalam aliran darah.

6. Memakai sepatu hak tinggi

Memakai sepatu hak tinggi pada saat hamil bisa membahayakan karena meningkatkan risiko jatuh sehingga ibu hamil mengalami trauma. Risiko lainnya adalah terjadinya cacat janin atau keguguran. Memakai hak tinggi menyebabkan peregangan pada otot-otot di daerah pinggang.

Itulah 6 larangan untuk ibu hamil. Anda perlu ingat bahwa kehamilan merupakan sebuah Anugerah. Untuk itu, sangat penting menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi dalam kandungan. Jika Anda menjaga kesehatan itu, maka bayi yang dilahirkan nanti juga akan sehat. (NR)


comments powered by Disqus