Cara Agar Sayuran di Dalam Kulkas Tetap Segar

by
May 14th, 2013 at 4:55 pm
Ist

Ist

CiriCara.com – Bagi ibu yang sibuk, belanja sayuran segar tak akan dilakukannya setiap hari. Mereka mungkin akan berbelanja sayuran setiap satu minggu sekali. Agar sayuran tetap terjaga kesegarannya, para ibu tentunya akan menyimpannya di lemari es atau kulkas.

Namun, menyimpan sayuran di lemari es tidak boleh asal meletakkan begitu saja. Ketahuilah bahwa sayuran yang disimpan di lemari es bisa saja layu walaupun masih terlihat hijau.

Ada cara untuk bisa mempertahankan kesegaran sayuran. Bagaimana? Berikut cara agar sayuran di dalam kulkas tetap segar:

1. Bungkus dengan kertas roti

Agar terjaga kestabilan airnya, sayuran yang baru saja Anda beli sebaiknya dibungkus dengan kertas roti. Tujuan membungkusnya dengan kertas roti adalah agar kandungan air terserap. Ketahuilah bahwa kondisi sayuran yang lembap basah akan membuat menjadi lebih cepat busuk. Untuk itu, jangan pernah menyimpannya di dalam plastik jika ingin sayuran tetap segar.

2. Jangan dicuci sebelum disimpan lemari es

Para ibu seringkali mencuci sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Mulai saat ini jangan melakukan hal tersebut jika ingin sayuran tetap segar. Sayuran yang dicuci akan menimbulkan kandungan air yang berlebih dan membuat sayur cepat membusuk. Alangkah baiknya mencuci sayuran pada saat akan digunakan saja.

Ist

Ist

3. Menyimpan di tempat kering

Untuk menghindari air yang berlebihan, sebaiknya keringkan dahulu kotak atau box sayuran yang ada di dalam kulkas. Sayuran yang diletakkan di tempat yang kering tentunya akan lebih tahan lama dan tetap terlihat segar.

4. Pisahkan antara sayur dan buah

Jika ingin menyimpannya di dalam kulkas, maka pisahkan sayuran dengan buah-buahan. Ketahuilah bahwa buah memiliki kandungan air yang lebih banyak. Jika terkena sayuran, maka akan lebih cepat layu. Memisahkan kedua hal tersebut juga mempermudah Anda menemukan bahan sayuran yang dicari.

5. Jangan memotong tangkainya

Sayuran bisa bertahan lama karena memiliki cadangan makanan di tangkainya. Untuk itu, jangan memotong tangkai sayuran jika ingin tetap terlihat segar. Jika dipotong, maka membuat daun cepat layu dan berwarna kuning.

Itulah cara agar sayuran tetap segar. Dengan melakukan cara di atas tentunya sayuran yang ingin Anda masak akan tetap segar. Akan tetapi, sayuran yang sudah layu atau berubah warna sebaiknya dibuang saja demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga. (NR)

Comment di sini