CiriCara: Cara Tepat Hadapi Atasan yang Menyebalkan

by
May 14th, 2013 at 11:11 am
Ist

Ist

CiriCara.com – Atasan seharusnya menjadi orang yang dihormati bawahannya dan bisa menjadi panutan yang baik. Melalui atasan, Anda tentunya bisa mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman yang berkaitan dengan bidang pekerjaan saat ini.

Namun, nampaknya tak semua atasan memiliki sikap yang seperti itu. Masih ada atasan yang berlaku atau bersikap seenaknya saja pada bawahan. Dirinya selalu memberi tugas di luar batas, tak pernah menunjukkan prestasi tapi selalu memarahi bawahannya, dan jika ada proyek gagal yang disalahkan adalah bawahannya.

Perilaku seperti itu tentunya bisa berdampak buruk bagi bawahannya, seperti kerja jadi malas-malasan, kinerja jadi berantakan, tak menghormati atasan, dan lain sebagainya. Apakah Anda memiliki pengalaman yang serupa? Jika iya, maka kini saatnya Anda dan rekan kerja lainnya segera mengatasinya. Bagaimana?

Dilansir dari Vemale.com, berikut cara tepat hadapi atasan yang menyebalkan:

1. Melakukan evaluasi diri

Sebelum menghadapi atasan yang menyebalkan itu, sebaiknya Anda melakukan evaluasi diri dahulu. Coba lihat bagaimana kerja Anda selama ini. Apakah semua tugas diselesaikan tepat waktu, apakah selalu mencapai target, apakah ada masalah pada absensi, dan lain sebagainya. Jika kerja Anda selama ini baik, maka baru bisa menghadapi atasan yang menyebalkan itu.

Ist

Ist

2. Mengumpulkan rekan kerja yang lain

Jika merasa atasan bertindak semaunya sendiri, maka coba tanyakanlah pada rekan kerja lainnya. Tanyakan pada mereka, apakah merasakan hal yang sama seperti Anda? Jika mereka juga mengeluh atau merasakan hal yang sama, maka kumpulkan dukungan untuk menghadapi atasan yang menyebalkan itu. Dengan mengumpulkan dukungan dan berbicara baik-baik pada atasan, mungkin masalah tersebut bisa diselesaikan dan membuatnya berubah.

3. Melaporkan ke bagian HRD

Atasan masih saja menyebalkan, padahal sudah menyelesaikannya dengan Anda dan rekan kerja lain. Jika sudah begitu, maka Anda disarankan untuk bertindak lebih tegas. Adukan permasalahan ini kepada bagian HRD atau atasan yang lebih tinggi dari Anda. Namun, rekan kerja lain yang mendapat perlakukan yang sama juga harus mengadu. Jika pelapor hanya satu orang, maka biasanya hanya dianggap sebagai sentimen pribadi.

Itulah 3 cara hadapi atasan yang menyebalkan. Bagaimanapun juga, permasalahan tersebut seharusnya tidak boleh terjadi dalam lingkungan pekerjaan. Jika terjadi, maka harus segera diselesaikan secara baik-baik agar suasana kantor selalu menyenangkan. Ketahuilah bahwa suasana kantor yang menyenangkan tentunya meningkatkan motivasi untuk bekerja. (NR)